Terpilih jadi Duta Intelegensia Anti Narkoba 2018, Fairus Haris Ajak Kaum Muda Jauhi Narkoba

Haris menjelaskan, duta intelegensia anti narkoba merupakan duta yang dianggap paling banyak aktif dan paling banyak mengerti tentang narkoba

Terpilih jadi Duta Intelegensia Anti Narkoba 2018, Fairus Haris Ajak Kaum Muda Jauhi Narkoba
Tribun Medan/Chandra Simarmata
Fairus Haris (kiri) siswa Kelas XII TKJ SMK TIK Darussalam yang juga Duta Anti Narkoba Sumut 2018 berfoto bersama Kepala SMK TIK Darussalam Eva Mugdhiyana. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Chandra Simarmata

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Menjadi duta anti narkoba Sumatera Utara (Sumut) 2018 bagi Fairus Haris merupakan proses yang tidak mudah. Dirinya harus bisa mengalahkan seribu orang yang jadi saingannya.

Siswa Kelas XII TKJ SMK TIK Darussalam itu menuturkan dirinya harus melalui proses yang cukup ketat dari sejak pendaftaran, seleksi tahap pertama, seleksi saat dikarantina, hingga bisa masuk 4 besar dan jadi pemenang.

"Prosesnya itu diseleksi dari 1000 orang. Yang dilihat itu visi-misinya kita, bakat dan apa tujuan kita menjadi duta anti narkoba ini. Setelah itu kita dikarantina dan diseleksi kembali sebanyak 200 orang. Kemudian diseleksi selama seminggu sebanyak 20 orang, hingga diperoleh empat terbaik yang diselenggarakan di Auditorium USU. Alhamdulillah saya terpilih jadi duta intelegensia," ujarnya Kamis (6/12/2018).

Haris menjelaskan, duta intelegensia anti narkoba merupakan duta yang dianggap paling banyak aktif dan paling banyak mengerti tentang narkoba.

Tugas-tugasnya sebagai duta anti narkoba kata Haris, selain menghindari narkoba juga mengajak orang banyak khususnya anak muda untuk menjauhi narkoba.

Selain itu, sebagai duta, Haris juga ikut sejumlah kegiatan seminar ke sekolah-sekolah maupun bersama pihak BNN dan SAHIVA USU turut memberikan motivasi kepada siswa lain untuk menjauhi narkoba.

Hacker Asal Medan Bobol Kartu Kredit Warga Singapura, Beli Mercedes Benz dan Harley Davidson

Sosok Egianus Kogoya Panglima TPNPB, Pembantai Karyawan Istaka Karya, Ini Sepak Terjangnya

Ingat Pelakor, Maia Estianty Sindir Telak Pelakor saat tampil dengan Dul di TV, Gak Disangka Riuh

Kabar Terbaru Luna Maya dengan Duda 3 Anak, Ternyata Pengusaha Kaya asal Malaysia, Berikut Faktanya

Selanjutnya untuk tahun 2019, mulai bulan Januari juga Haris akan mulai menjalani kegiatan rutin sebagai duta anti narkoba seperti mengunjungi tempat rehabilitasi para korban narkoba.

"Kita juga ingatkan keluarga, teman kita bahwa narkoba itu bukan membawa pada kebahagiaan, tapi membawa pada kegelapan dan keburukan," kata siswa yang punya moto "jauhi narkoba dan sayangi keluarga" ini.

Shohei Matsunaga Duga Wasit yang Pimpin Laga PSMS vs PS Tira Terima Suap

Pelatih PSMS Sebut Arsenal Pun Bakal Kalah Lawan PS Tira Bila Dipimpin Wasit Dodi Setia

Atas prestasi tersebut, Haris mengaku senang sekaligus bersyukur. Dirinya pun siap untuk menjalankan tugas tersebut dan mengajak anak muda menjauhi narkoba.

"Yang pertama senang, bersyukur karena ini juga berkat doa orangtua. Dan jangan sombong Karena masih banyak di luar sana yang masih lebih bagus prestasinya dari saya," ungkapnya.

Polisi Dikritik karena Habiskan Uang Rp 8,4 Juta untuk Tangkap Pencuri Sebotol Yogurt dengan Rp 900

Detik-detik Pencuri Kalung Emas Pasrah Ditangkap Polisi karena Tak Bisa Keluar dari Pintu Toko

Saat ditanya apa rencana dirinya setelah tamat sekolah, Haris yang saat ini duduk di kelas XII berencana bertekad untuk bisa jadi pengusaha. Selain itu dia juga bertekad untuk bisa melanjutkan studi kelak di universitas Al-Azhar Mesir. Untuk bisa melanjutkan studi ke universitas Al-Azhar Kairo Mesir kata Haris dirinya pun perlu bertekun untuk bisa hafal Alquran.

AKBP Rudi Rifani Pasang Batu Batu Pembangunan Ruang Yandumas Seksi Propam Polrestabes Medan 

"Rencana kalau di Al-Azhar mau ambil jurusan bahasa Arab dan juga ingin jadi pengusaha nantinya. Jadi belajar agama dan juga jadi pengusaha, supaya akhirat dapat, dunia juga dapat," pungkasnya.

(Cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved