Bulog Fokus di Stok dan Distribusi serta Stabilisasi Harga Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional 

Stabilisasi harga kita saat ini fokus pada dua hal yang pertama adalah pada penyediaan stoknya yang saat ini cukup tersedia

Bulog Fokus di Stok dan Distribusi serta Stabilisasi Harga Jelang Hari Besar Keagamaan Nasional 
Tribun Medan/Ayu Prasandi
Pekerja saat menyusun beras di Komplek Pergudangan Bulog Jalan Jemadi Medan. 

 Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com,MEDAN- Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre I Sumatera Utara (Sumut) fokus terhadap dua hal untuk stabilisasi harga kebutuhan pokok terutama menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti Natal dan Tahun Baru.

“Stabilisasi harga kita saat ini fokus pada dua hal yang pertama adalah pada penyediaan stoknya yang saat ini cukup tersedia dalam jumlah yang relatif cukup banyak,” ujar Kepala Perum Bulog Sumut, Benhur  Ngkaimi saat ditemui di Kantor Perum Bulog Sumut, Jumat (7/12/2018).

Kemudian yang kedua, ia menjelaskan, Bulog Sumut akan mencoba menjada distribusinya, jangan sampai ada yang terhambat apalagi melihat stok yang cukup banyak.

“Stoknya sudah siap, maka distribusi yang perlu dipertahankan. Oleh karena itu, kalau saat ini stabil harapannya jangan lagi ada hambatan minimal di dua hal itu,” jelasnya.

Ia menerangkan, kesediaan stok adalah tugas Bulog dan distribusinya tugas dari Satuan Tugas (Satgas) Pangan dan Dinas perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

“Saat ini stok Beras yang ada di Bulog Sumut kurang lebih 90ribu ton yang terdiri dari Beras premium, medium dan juga termasuk Beras sachet dan berada di seluruh gudang Bulog yang ada di Sumut, termasuk di Gunung Sitoli,” terangnya.

Viral Polisi Gadungan Ganteng, Polisi Imbau Wanita dan Ibu-ibu Waspada, Hingga Setubuhi 39 Wanita

Malaysia Singapura Tegang, Singapura Berani Kerahkan Kapal Perang!

UPDATE Pembantaian Nduga: Martinus Lari, Lihat ke Belakang, Anugrah dan Alpianus Roboh Diberondong

Ia mengungkapkan, Bulog juga melakukan penyewaan beberapa gudang mengingat kapasitas gudang yang dimiliki Bulog hanya sekitar 80ribu di Sumut dan jika stok lebih dari 80ribu tentunya Bulog harus melakukan penyewaan gudang.

“Dalam waktu dekat saya kira belum akan ada penambahan pasokan dalam waktu dekat, karena stok kita pun kalau kita salurkan masih bisa hingga bulan Juli ataupun Agustus. Kalau kita melakukan penambahan takutnya stok kita akan tersimpan lama,” ungkapnya.

PT KIM Berikan Alat Tenun untuk Warga Binaan Lapas Wanita, Juga Pekerjakan 5 Mantan Napi 

Seorang Cucu Tega Pukul Kepala Kakeknya Hingga Tewas karena Kesal Tak Diberikan Uang

Polisi Sergap Pengendara CRV saat Melintas di Mandala By Pass, Temukan Total 2 Kilogram Sabusabu

Ia menuturkan, hingga saat ini belum ada perubahan, yang terakhir perubahan dilakukan pesan dari menteri perdagangan yaitu dilakukan kenaikan harga jual tetapi masih sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET).

“Bulog juga akan melakukan operasi pasar (OP) dan memang OP saat ini tidak seperti dulu lagi yang selalu dilakukan ketika harga mengalami kenaikan, tetapi saat ini menjadi rutinitas Bulog dan setiap hari bahkan pemerintah meminta Bulog melakukan OP 15 ton  per hari,” tuturnya.

BNN Gelar Tes Urin Dadakan di Dinas Perhubungan Deliserdang, 6 Pegawai Terindikasi Gunakan Narkoba

Menteri Yasona Sebut Negara akan Maju bila Masyarakatnya Taat Hukum

Bea dan Cukai Sumut Bakar Ratusan Ribu Batang Rokok Tanpa Cukai Senilai Rp 154 Juta

Ia mengatakan, permintaan OP 15 ton per hari tersebut tanpa batasan baik hari-hari besar keagaaman atau tidak. OP yang dilakukan Bulog saat ini hampir sama seperti menyalurkan raskin.

“Prinsip kalau kemampuan Bulog siap untuk melakukan permintaan OP tersebut, apalagi jika melihat stok yang dimiliki Bulog Sumut. Yang penting Bulog sudah menyediakan Beras dan melayani siapapun yang meminta dengan berbagai persyaratan,” katanya.

(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved