UPDATE Pembantaian Nduga: Martinus Lari, Lihat ke Belakang, Anugrah dan Alpianus Roboh Diberondong

"Kata Martinus, 'Ayo kita lari!', tapi ini anakku (Anugrah) dengan Alpianus (yang) sempat mau lari, langsung ditembak duluan," ungkap Nelson.

UPDATE Pembantaian Nduga: Martinus Lari, Lihat ke Belakang, Anugrah dan Alpianus Roboh Diberondong
JUFRI TONAPA UNTUK BBC NEWS INDONESIA
Anita Limbu Datu (ketiga dari kanan) menunjukkan foto Alpianus, suaminya. Ia tak percaya sang suami, salah satu pekerja PT Istaka Karya, tewas di tangan kelompok bersenjata Papua (05/12). 

Martinus Sampe (25 tahun), demikian nama pekerja tersebut, menceritakan kisah serangan ini melalui sambungan telepon ke Nelson Salembang, tetangganya di Dusun Poya, Kapalapitu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan.

Nasib anak Nelson, Anugrah Tandirannu (17 tahun), tak seberuntung Martinus.

Ia meninggal dunia ditembak anggota separatis bersenjata. Yang juga meninggal adalah Alpianus (27 tahun), sepupu Martinus.

Baik Martinus dan Alpianus sama-sama bertugas sebagai operator ekskavator PT Istaka Karya yang mengerjakan proyek pembangunan jembatan di Nduga.

"Kata Martinus, 'Ayo kita lari!', tapi ini anakku (Anugrah) dengan Alpianus (yang) sempat mau lari, langsung ditembak duluan," ungkap Nelson, menceritakan ulang percakapan telepon yang ia terima dari Martinus, Rabu (5/12).

"Jadi Martinus itu (saat) melihat ke belakang, (melihat Anugrah dan Alpianus) sudah meninggal," kata Nelson.

Martinus yang tertembak di kaki kirinya berhasil dievakuasi dan saat ini dirawat di rumah sakit di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya.

Nama Martinus Sampe sempat dimasukkan KKB pimpinan Egianus Kogoya dalam daftar korban yang mereka bunuh.

Egianus Kogoya  yang disebut sebagai Panglima Komando Daerah Pertahanan (KODAP) III Ndugama, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB), merilis 24 identitas korban yang mereka bunuh di akun facebooknya.  

Distrik Yall Kab. Nduga:
1. Jhony Arung 
2. Anugrah 
3. Alrpianus 
4. Muh. Agus 
5. Aguatinus T 
6. Martinus Sampe 
7. Dirlo 
8. Matius 
9. Emanuel 
10. Calling 
11. Dani 
12. Tariki 

Halaman
1234
Editor: Tariden Turnip
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved