Cory Sebut Festival Kopi Karo Sebagai Ajang Naikkan Komoditas Kopi Daerah

Kabupaten Karo sudah sejak lama terkenal dengan hasil pertaniannya, mulai dari sayur dan buah-buahan.

Cory Sebut Festival Kopi Karo Sebagai Ajang Naikkan Komoditas Kopi Daerah
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Wakil Bupati Karo Cory Sebayang (tengah) mengunjungi stan peserta yang ikut pada acara Festival Kopi Karo, di Taman Mejuah-Juah, Jalan Gundaling, Berastagi, Sabtu (8/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, BERASTAGI - Kabupaten Karo sudah sejak lama terkenal dengan hasil pertaniannya, mulai dari sayur dan buah-buahan. 

Selain itu, Karo juga dikenal dengan banyaknya jenis kopi yang tumbuh subur. Namun, sangat disayangkan karena hingga saat ini banyaknya jenis kopi khas bumi turang ini belum seluruhnya dikenal oleh para penikmat kopi.

Untuk itu, Wakil Bupati Karo Cory Sebayang dalam sambutannya pada acara Festival Kopi Karo, mengatakan melalui kegiatan tersebut diharapkan dapat meningkatkan pamor kopi daerah di tingkat nasional maupun internasional.

Terlebih, dirinya mengungkapkan saat ini Kabupaten Karo sudah masuk dalam daerah pengembangan kopi di Sumatera Utara. Hal ini ditandai dengan penambahan luas areal penanaman kopi selama lima tahun terakhir.

"Saat ini di Kabupaten Karo sudah ada areal penanaman kopi seluas 8400 hektare, dengan produktifitas 1,5 ton per hektar. Untuk itu, saya harap dengan adanya acara ini dapat kopi Karo semakin dapat dikenal di daerahnya sendiri maupun di luar daerah," ujar Cory, di Taman Mejuah-Juah, Jalan Gundaling, Berastagi, Sabtu (8/12/2018).

Didinya menyebutkan, salah satu faktor yang dapat mendukung peningkatan produksi kopi adalah dengan cara memberikan pengetahuan kepada petani mengenai cara tanam yang benar. Dirinya juga berharap kepada para petani, agar terus meningkatkan kualitas hasil kopi.

"Kepada petani kopi, mari kita berjuang bersama-sama, sehingga kopi daerah kita benar-benar dikenal sampai tingkat internasional. Walaupun kita baru merintis, kita harus berjuang semaksimal mungkin," katanya.

Tak hanya kepada petani, dirinya juga berharap kepada para penggiat usaha kopi dalam hal ini pemilik Cafe ikut menaikkan pamor kopi daerah. Terlebih, karena kebanyakan penggiat usaha kopi ini dari kalangan muda, dirinya merasa potensi akan semakin besar. 

"Saya lihat ini banyak anak muda yang memainkannya (penggiat usaha kopo), jadi kalau masih muda, masih bisa kita bimbing mereka untuk menampilkan yang terbaik," ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved