Korupsi Bank BRI Agro Niaga Rp 22,5 Miliar, Mulyono Ganti Nama Jadi Suwandi Saat Kabur

Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) menangkap salah seorang terduga korupsi pinjaman (debitur)

Korupsi Bank BRI Agro Niaga Rp 22,5 Miliar, Mulyono Ganti Nama Jadi Suwandi Saat Kabur
Keith Allison/Pixabay
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) menangkap salah seorang terduga korupsi pinjaman (debitur) Bank BRI Agro Niaga Rantauprapat bernama Mulyono (52) di persembunyiannya di perumahan Harapan Indah, RT 05/RW 20 Nomor VL/4 Kelurahan Pejuang, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi.

Mulyono memperdayai pencairan kredit dari Bank tersebut dengan mengatasnamakan identitas 41 debitur kurun waktu tahun 2013-2015.

"Dia ini bagian dari 4 tersangka kita dalam kasus pinjaman kredit mengatasnamakan 41 debitur dengan plafon senilai Rp 22,5 Miliar. Tersangka Mulyono kita tangkap di rumah kontrakannya di Bekasi," ucap Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Sumanggar Siagian di Gedung Kejati Sumut, Medan.

Dalam paparan yang berlangsung Sabtu (8/12/2018) siang itu, Sumanggar menjelaskan bahwa Mulyono sempat beberapa kali dipanggil untuk dimintai keterangan, namun tidak diindahkan olehnya.

"Selanjutnya Tim penyidik pidsus melakukan penjemputan paksa terhadap tersangka dan penangkapan berlangsung aman dan terkendali pada Jumat (7/12/2018) tadi malam. Dia ternyata berpindah-pindah selama ini," ucap Sumanggar.

Masih kata Sumanggar, menurut KUHAP, Kejaksaan telah memanggil tersangka Mulyono beberapa kali untuk dapat kooperatif, namun hingga panggilan keempat tersangka tidak datang dan melarikan diri dari rumahnya. 

Bahkan kata Sumanggar, Mulyono mengganti namanya menjadi Suwandi dengan identitas tempat tinggal di Tangerang.

"Kita telah melakukan panggilan sesuai prosedur bahkan sudah dipanggil empat kali juga tidak datang. Sehingga kita tetapkan sebagai tersangka pada 24 September 2018," katanya.

"Kerugian Rp 22,5 Miliar tersebut belum dibayarkan, makanya kita lakukan penyidikan lebih lanjut dengan menahan tersangka Mulyono 20 hari ke depan di Rutan Klas IA Tanjunggusta," pungkasnya.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved