Gempa Tektonik M=4,9 Guncang Nias Utara, Tak Berpotensi Tsunami

gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Gempa Tektonik M=4,9 Guncang Nias Utara, Tak Berpotensi Tsunami
AFP
Ilustrasi gempa bumi. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / M Andimaz Kahfi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Wilayah Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara diguncang gempabumi tektonik, pada Selasa, (11/12/2018) sekitar pukul 19:47:35 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M=4,9 terjadi dengan koordinat episenter pada 1,23 LU dan 97,03 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km arah Barat Lahewa Kabupaten Nias Utara, Sumut pada kedalaman 23 km.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Edison Kurniawan, S.Si., M.Si. mengatakan dampak gempabumi yang digambarkan oleh Peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan bahwa dampak gempabumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah (Kab.Nias Utara dan Nias Barat II - III MMI) .

"Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia," kata Edison.

"Zona ini dimulai dari lepas pantai di sebelah barat Sumatra hingga terus menukik ke arah timur hingga ke bawah daratan pulau Sumatera," sambungnya.

Masih kata Edison, hingga pukul 20.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat di sekitar wilayah Nias Utara dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya," tutup Edison.

(cr9/tribun-medan.com)

Penulis: M.Andimaz Kahfi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved