Sasar Calon Pemilih, KPUD Dairi Beri Sosialisasi dan Simulasi Pemilu kepada Penyandang Disabilitas

Jenny Ester Pandiangan menyebutkan kegiatan itu dilakukan bekerja sama dengan Yayasan Hepata HKBP.

Sasar Calon Pemilih, KPUD Dairi Beri Sosialisasi dan Simulasi Pemilu kepada Penyandang Disabilitas
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Seorang pendamping menyorong kursi roda penyandang disabilitas dalam kegiatan simulasi pencoblosan Pemilu 2019 di Kantor Camat Parongil, Dairi pada Rabu (12/12/2018).

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Sebanyak 25 orang penyandang disabilitas yang berasal dari delapan desa di Kecamatan Silima Pungga-pungga, Dairi mendapat sosialisasi Pemilu 2019 di Aula Kantor Camat Parongil pada Rabu (12/12/2018).

Komisioner KPUD Dairi Divisi Partisipasi Masyarakat, Jenny Ester Pandiangan menyebutkan kegiatan itu dilakukan bekerja sama dengan Yayasan Hepata HKBP.

Para penyandang disabilitas mendapat sosialisasi mengenai jumlah surat suara yang akan dicoblos dan memperkenalkan partai politik yang berkompetisi pada Pemilu 2019.

"Kami menjelaskan bahwa Pemilu 17 April 2019 nanti, akan ada lima surat suara yang dicoblos yaitu Caleg DPRD Dairi, DPRD Sumut, DPR RI, DPD RI dan surat suara untuk pemilihan presiden," kata Jenny, Rabu.

Jenny menjelaskan adapun penyandang disabilitas yang menjadi peserta dalam sosialisasi kali ini diantaranya tuna rungu, tuna grahita, maupun keterbelakangan mental.

Tak sampai disitu, para penyandang disabilitas juga diberikan simulasi cara mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Ya tadi juga dilakukan simulasi pemilihan. Tadi di kantor camat dibuat layakya TPS. Sebagian para penyandang disabilitas itu dituntun oleh kerabatnya untuk bisa mencoblos di TPS," sebutnya.

Lebih lanjut, Jenny menyebutkan KPUD Dairi giat melakukan sosialisasi, agar pada Pemilu 2019 mendatang 85 persen masyarakat datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved