OIC Selidiki Temuan Tengkorak Bayi Orangutan di Kutabuluh

orangutan tersebut diduga sempat ditemukan dan dipelihara oleh seorang warga Desa Rihtengah.

OIC Selidiki Temuan Tengkorak Bayi Orangutan di Kutabuluh
TRIBUN MEDAN/HO
Tim gabungan dari Orangutan Information Centre (OIC) dan Personel Kodim 0205/TK, menemukan tengkorak yang diduga bangkai orangutan, di Desa Rihtengah, Kecamatan Kutabuluh, Kabupaten Karo. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Orangutan Information Centre (OIC) dibantu personel dari Kodim 0205/TK, menyelidiki temuan bangkai dan tengkorak dari seekor orangutan.

Sebelumnya, orangutan tersebut diduga sempat ditemukan dan dipelihara oleh seorang warga Desa Rihtengah, Kecamatan Kutabuluh, Kabupaten Karo.

Personil Kodim 0205/TK Muhammad Darwis, mengungkapkan memang beberapa waktu lalu keberadaan orangutan tersebut sempat viral di media sosial.

Di dalam video yang berdurasi kurang lebih satu menit itu, tampak seorang pria yang sedang memberi makan orangutan dengan sebuah pisang.

Setelah mendapatkan laporan dari warga, Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batu Bara SE, langsung memerintah Danramil Payung dan melibatkan kepolisian dan pejabat setempat untuk menyelidiki kematian binatang yang dilindungi itu

"Setelah mendapat perintah dari komandan, tanpa menunggu waktu yang lama kita langsung bergerak menuju ke lokasi," ujar Darwis, Kamis (13/12/2018).

Dirinya mengungkapkan, setelah sampai di lokasi yang dimaksud, tim langsung mendatangi rumah HB yang diduga pria yang memelihara orangutan tersebut. Namun, saat akan ditemui ternyata HB sedang tidak berada di rumah.

"Pas kita ke sana tidak ketemu sama yang bersangkutan, tapi ada mertuanya SG (62), jadi kita tanya-tanya ke mertuanya," katanya.

Darwis menyebutkan, berdasarkan keterangan dari SG, memang wanita tersebut pernah melihat seekor orangutan di rumah menantunya. Dan dirinya juga mengungkapkan, sekitar empat hari yang lalu melihat anjing miliknya membawa sebuah tengkorak berukuran kecil yang diduga kepala orangutan yang dimaksud.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved