Polres Asahan Gagalkan 11 Kg Sabusabu Hendak Diedarkan di Medan, Tembak Dua Sindikat Internasional

11 kg sabusabu tersebut berasal dari Negara Malaysia dan rencananya akan diedarkan ke kota Medan.

Polres Asahan Gagalkan 11 Kg Sabusabu Hendak Diedarkan di Medan, Tembak Dua Sindikat Internasional
TRIBUN MEDAN/HO
Petugas Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan meringkus dua orang tersangka sindikat narkotika internasional asal Malaysia yang membawa 11 kg sabusabu di jalanan, Dusun 8 Perkebunan PTPN IV Ajamu Desa Teluk Sentosa Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu, Sumut, Rabu (12/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, KISARAN - Petugas Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan meringkus dua orang tersangka sindikat narkotika internasional asal Malaysia.

Keduanya diciduk di jalanan, Dusun 8 Perkebunan PTPN IV Ajamu Desa Teluk Sentosa Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, Rabu (12/12/2018).

Dari kedua tersangka, petugas menyita 11 bungkus besar kemasan teh warna hijau, yang berisi sabusabu seberat 11 kilogram.

Kedua tersangka dihadiahi timah panas di bagian kaki, karena melakukan perlawanan kepada petugas saat hendak di tangkap.

Kapolres Asahan, AKBP Faisal Napitupulu mengatakan, pihaknya bergerak berdasarkan informasi yang diterima. Katanya peredaran narkotika jaringan internasional ini berhasil dibongkar setelah petugas melakukan pengintaian selama dua bulan.

"Pada bulan Oktober 2018 lalu, Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan mendapat informasi sindikat narkoba jaringan Malaysia yang akan masuk ke wilayah Sumatera Utara melalui perairan Kabupaten Asahan. Berdasarkan informasi tersebut, petugas melakukan penyelidikan dan mendapat informasi ada kapal membawa narkotika yang masuk ke perairan Asahan," katanya, Kamis (13/12/2018) melalui siaran persnya kepada tribun-medan.com

Mantan Kapolres Nias Selatan ini menguraikan, bahwa setelah dua bulan melakukan penyelidikan, pada hari Selasa (11/12) kemarin, petugas Satuan Reserse Narkoba Polres Asahan membuntuti satu kapal yang datang dari Malaysia menuju ke perairan laut Asahan.

Petugas terus mengikuti kapal tersebut hingga masuk ke perairan berombang Kabupaten Labuhan Batu dan bersandar di aliran sungai Sei Barumun. Petugas yang terus melakukan pengintaian akhirnya menangkap kedua tersangka saat melintas dengan mengendarai sepeda motor di jalan umum dusun 8 Perkebunan PTPN IV Ajamu Desa Teluk Sentosa Kecamatan Panai Hulu Kabupaten Labuhan Batu.

"Saat hendak ditangkap, kedua tersangka melakukan perlawanan terhadap petugas dan berusaha melarikan diri, sehingga keduanya diberikan tindakan tegas dan terukur di bagian kaki," jelasnya.

Halaman
12
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved