KPUD Karo Terima Bilik dan Tiga Jenis Sampul Surat Suara

Karena setiap TPS harus disediakan empat bilik suara, sedangkan TPS yang ada di Kabupaten Karo hingga saat ini berjumlah 1139.

KPUD Karo Terima Bilik dan Tiga Jenis Sampul Surat Suara
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan, mengecek susunan kardus yang berisikan sampul-sampul yang akan digunakan untuk keperluan Pemilu 2019 mendatang, di gudang KPUD Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Senin (17/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, kembali menerima pasokan logistik untuk keperluan Pemilihan Legislatif dan Presiden 2019 mendatang.

Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan ST, mengungkapkan adapun logistik yang datang berupa bilik suara dan sampul Pemilu.

Amatan www.tribun-medan.com, di gudang KPUD Karo yang berada di Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, sampul Pemilu tersebut terlihat dibungkus menggunakan kardus. Sedangkan bilik suara, dibungkus dengan menggunakan plastik dan disusun di lantai satu gudang tersebut.

"Untuk sampul, kita terima hari Minggu (16/12/2018) kemarin. Sedangkan bilik suara datang kira-kira seminggu yang lalu," ujar Gemar, Senin (17/12/2018).

Gemar mengatakan, bilik suara yang telah mereka terima sebanyak 4.556 unit. Dirinya menyebutkan, jumlah tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan. Karena setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) harus disediakan empat bilik suara, sedangkan TPS yang ada di Kabupaten Karo hingga saat ini berjumlah 1139 TPS.

"Jadi hingga saat ini TPS kan berjumlah 1139, nah itu dikali empat, jadi jumlah biliknya sudah pas," katanya.

Dirinya mengungkapkan, untuk sampul Pemilu terdiri dari tiga model, sesuai dengan ukuran dan kebutuhannya. Seperti model kecil, sedang, hingga besar. Gemar menyebutkan, sampul model kecil nantinya akan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan anak kunci. Kemudian sampul model sedang, digunakan untuk membungkus formulir-formulir. Sedangkan sampul model besar, akan digunakan sebagai tempat mengumpulkan surat suara.

"Mulai dari suara yang sah, tidak sah, hingga yang tidak digunakan, semuanya akan kita kumpulkan di sampul ini. Jadi sampul-sampul ini sudah sesuai dengan kebutuhannya masing-masing," ucapnya.

Diketahui, sebelumnya KPUD Karo telah menerima beberapa logistik lainnya. Seperti kotak suara yang terbuat dari bahan kardus sejumlah 5.392 unit, tinta sebanyak 2272 botol, serta segel dengan bahan stiker dan perekat sebanyak 12.500 keping. Dengan ini, Gemar mengaku pihaknya tinggal menerima logistik lainnya seperti surat suara dan lain sebagainya.

Dirinya mengungkapkan, untuk kebutuhan TPS seperti alat coblos dan lainnya merupakan tanggung jawab dari penyelenggara yang ada di daerah. Untuk itu, dirinya mengaku bulan ini akan sesegera mungkin mempersiapkan semua kebutuhan tersebut.

(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved