Puluhan Warga Desa Gurukinayan Minta Realisaskan Pengganti Aset dan Lahan

Terkait adanya bantuan stimulan untuk aset mereka baik rumah maupun lahan pertanian yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung.

Puluhan Warga Desa Gurukinayan Minta Realisaskan Pengganti Aset dan Lahan
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Wakil Bupati Karo Cory Sebayang (baju cokelat) dan Kepala BPBD Karo Martin Sitepu (batik biru kanan) menemui warga pemilik aset di Desa Gurukinayan yang berdemo di depan Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Rabu (19/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Puluhan masyarakat dari berbagai daerah pemilik aset di Desa Gurukinayan, Kecamatan Payung, menggeruduk Kantor Bupati Karo, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Rabu (19/12/2018).

Kedatangan mereka, bertujuan untuk menuntut janji Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, terkait adanya bantuan stimulan untuk aset mereka baik rumah maupun lahan pertanian yang terkena dampak erupsi Gunung Sinabung.

Seorang warga pemilik aset Tomson Sitepu, mengatakan mereka sudah sering datang ke sana untuk meminta kejelasan terkait bantuan itu.

Pasalnya, dirinya mengungkapkan pemberian stimulan tersebut telah dijanjikan oleh Pemkab sekitar tahun 2015 lalu.

"Sudah tiga tahun ini masyarakat dijanjikan akan mendapatkan bantuan stimulan. Makanya kamipun sudah bolak balik menuntut hak kami ke sini, apakah jadi diberikan atau tidak," ujar Tomson.

Dirinya mengungkapkan, masyarakat yang akan mendapatkan bantuan tersebut sejumlah 997 Kepala Keluarga (KK). Dengan rincian 207 KK yang memiliki rumah dan lahan pertanian, 24 KK yang memiliki aset rumah saja, dan 766 KK yang mempunyai aset berupa lahan pertanian.

Tomson mengatakan, dari seluruh masyarakat yang sudah terdata, semuanya sudah mendapatkan surat keputusan.

"Tapi sampai sekarang kami masih belum dapat kejelasan bagaimana kelanjutan bantuan stimulan ini," ucapnya.

Warga lainnya Mamak Lina, mengaku sebelumnya seluruh masyarakat yang memiliki aset di daerah tersebut sudah diminta memberikan berkas-berkas untuk keperluan pendataan.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved