Sentra UMK, Pusat Oleh-Oleh UKM Kota Medan

Sentra UMK ini sebagai pusat penjualan dan promosi produk terbaik UKM dari berbagai daerah di Kota Medan.

Sentra UMK, Pusat Oleh-Oleh UKM Kota Medan
TRIBUN MEDAN/NATALIN SINAGA
Pengelola Sentra UMK, Ria memegang tas produk UKM Kota Medan. Sentra UMK (Usaha Mikro Kecil), pusat edukasi entrepreneurship sekaligus pusat oleh-oleh khusus produk UKM berupa berbagai makanan dan souvenir berlokasi di Jalan Sei Serayu No.103, Medan. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Natalin

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Sentra UMK (Usaha Mikro Kecil), pusat edukasi entrepreneurship sekaligus pusat oleh-oleh khusus produk UKM berupa berbagai makanan dan souvenir berlokasi di Jalan Sei Serayu No.103, Medan.

Berawal dari minimnya pengetahuan informasi bagi para UKM terkait pemasaraan, packing,
penjualan online, pengelolaan usaha dan upgrade usaha hingga manajemen usaha serta sering terjadinya penyaluran program pemerintah yang tidak tepat sasaran karena minimnya database UKM, Sentra UMK hadir sebagai One Stop Solution for SME (Small Medium Entrepreneurs).

"Sentra UMK ini merupakan pusat edukasi entrepreneurship dan pusat oleh-oleh khusus produk UKM dengan berbagai produk makanan serta souvenir khas Kota Medan," ujar Pengelola Sentra UMK, Ria, Rabu (19/12/2019)

Ia mengatakan Sentra UMK ini sebagai pusat penjualan dan promosi produk terbaik UKM dari berbagai daerah di Kota Medan, sekaligus sebagai lokasi edukasi dan informasi produk para UKM.
Sentra UMK ini didanai oleh Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Sumut.

Lebih lanjut, kata Ria, Sentra UMK terbagi lagi menjadi UKMMart, marketplace dan product store sebagai wadah sekaligus sarana promosi bagi para UKM Sumut.

"Jadi enggak cuma offline saja, online juga ada, www.ukmmart.com, para UKM yang memasukkan produknya di Sentra UMK ini kita bantu branding, pembinaan, pendampingan, packing, dan pemasaran produk juga," ucap Ria.

Ia menjelaskan pendampingan berkala ini berupa kegiatan yang dikemas dalam bentuk mentoring bulanan bagi binaan Sentra UMK, materi disesuaikan berdasarkan tingkatan level yang masuk pada database Sentra UMK.

"Tujuan Sentra UMK sebagai validasi data UKM Sumut, lapak online (E-commerce), sarana promosi, media informasi profil usaha dan pendampingan secara berkala," katanya.

Ria menjelaskan adapun berbagai produk makanan dan souvenir yang tersedia di Sentra UMK antara lain pancake durian, kopi, keripik, cemilan, kue, rendang jengkol, ice cream, gantungan kunci, ulos, batik motif gorga, sandal, dan lain-lain.

Sentra UMK ini juga sebagai objek wisata untuk membeli oleh-oleh. Tempat ini buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga 5 sore.

"Oleh-oleh yang paling banyak dibeli itu pancake durian, gantungan kunci, dan kopi. Harga produk di Sentra UMK ini cukup terjangkau mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 200 ribu," ucapnya.

Ia berharap dengan hadirnya Sentra UMK maka semakin banyak pula UKM yang lahir. "Selama ini kita sibuk membeli produk import, tapi sebenarnya produk dalam negeri kita bagus, ya semoga masyarakat juga semakin sadar dengan hadirnya produk-produk UKM yang bagus ini,"ungkap Ria.

Menurutnya, di akhir tahun ini, pengunjung Sentra UMK meningkat, "Alhamdulillah pengunjung yang datang ke Sentra UMK ini meningkat. Bagi teman-teman dari, luar kota yang ingin cari makanan dan souvenir di Kota Medan, boleh datang ke Sentra UMK ini," ujarnya.

(cr13/Tribun-medan.com)

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved