Kombes dr Nyoman Berbagi Tips Menghadapi Musim Hujan, Sarankan Minum Air Jahe atau Teh yang Hangat

Adapun penyakit yang biasa menyerang saat musim penghujan, antara lain influenza.

Kombes dr Nyoman Berbagi Tips Menghadapi Musim Hujan, Sarankan Minum Air Jahe atau Teh yang Hangat
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Kepala RS Bhayangkara Medan, Kombes dr Nyoman Eddy DFM SpF saat ditemui Tribun Medan di ruang kerjanya, Kamis (20/12/2018) sore 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Menjelang akhir tahun 2018 ini, Kota Medan dan beberapa daerah lain di Sumatera Utara kerap diguyur hujan dengan durasi tak tentu. Kadang cepat, kadang lama.

Bahkan terkadang pula, usai hujan langsung disusul cuaca terik.

Kondisi tersebut, kata Kombes dr Nyoman Eddy, dokter sekaligus Kepala RS Bhayangkara Medan, perlu diwaspadai. Sebab berpotensi membuat tubuh manusia menjadi mudah terserang penyakit.

Adapun penyakit yang biasa menyerang saat musim penghujan, antara lain influenza, seperti batuk dan pilek, kemudian infeksi saluran nafas, diare/muntaber, dan demam berdarah dengue.

Tak jarang juga, penyakit rematik timbul saat musim ini, karena faktor suhu dingin, terutama bagi yang berusia lanjut.

Dokter Nyoman menjelaskan, hal itu disebabkan tiga faktor. Faktor kondisi tubuh, faktor lingkungan, dan faktor penyebab, yaitu virus dan kuman/bakteri jahat.

Pada lingkungan bersuhu dingin, lembab, dan kotor, mikroorganisme seperti bakteri dan virus berkembang pesat. Dalam situasi seperti itu, manusia dengan daya tahan tubuh rendah tentu mudah diserang gangguan kesehatan.

Untuk itu, dokter Nyoman berbagi sedikit tips bagi masyarakat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terutama saat musim penghujan.

Hal pertama yang perlu dilakukan, kata dia, ialah makan dan berolahraga teratur, serta istirahat yang cukup. Lebih bagus lagi bila ditambah dengan mengonsumsi vitamin.

"Dengan begitu, fisik kita menjadi sehat dan kuat, sehingga tubuh lebih siap melawan paparan virus dan/atau bakteri jahat," ungkap dokter yang juga seorang perwira Polri berpangkat tiga melati di pundak ini.

"Makan dimaksud di sini, berarti makan makanan bergizi dan higienis. Hindari pola makan atau minum yang tidak baik, seperti terlalu banyak ‘ngemil’ dan ‘ngopi’, sering minum minuman dingin, dan semacamnya. Yang begitu juga tidak baik untuk kesehatan," sambung Nyoman.

Selain itu, lanjut Nyoman, minum air putih yang cukup, yaitu delapan gelas per hari. Kemudian, menjaga kebersihan diri, serta melakukan pola hidup sehat.

Untuk menjaga tubuh tetap hangat pada saat hujan, Nyoman menyarankan untuk mengonsumsi minuman hangat, seperti air jahe atau teh hangat

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved