Tradisi Natal dan Tahun Baru Jonnas Damanik, dari Bongkar Kolam hingga Masak Lemang

Pada perayaan Natal dan Tahun baru ini ia menyebut membagi-bagi waktu untuk mengunjungi sanak saudara.

Tradisi Natal dan Tahun Baru Jonnas Damanik, dari Bongkar Kolam hingga Masak Lemang
TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN SIPAHUTAR
Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu, Jonnas Damanik. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM-Perayaan Natal dan Tahun Baru menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh umat kristiani.

Termasuk bagi Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Satu Pintu, Jonnas Damanik. Pada perayaan Natal dan Tahun baru ini ia menyebut membagi-bagi waktu untuk mengunjungi sanak saudara.

"Kalau waktu natal saya dan keluarga besok (hari ini) akan pulang kampung ke kampung istri yang ada di Raya Simalungun. Baru nanti pulang lagi karena mau kerjakan, baru untuk perayaan tahun barunya giliran pulang kampung ke kampung orang tua saya di Kotarih (Kabupaten Serdang Bedagai), ya walaupun dekat ya pulang kampung jugalah namanya,"ujar Jonnas Damanik Jum,at, (21/12).

Bagi Jonnas kampung halaman sangat berarti baginya. Meski kedua orangtuanya sudah meninggal dunia namun disaat momen Natal dan Tahun Baru waktu yang sangat tepat untuk saling berkumpul dengan sanak famili. Disebut kalau dikampung halamannya masih ada kakak ataupun adiknya.

"Yang seru itu momen buka kolam ikan mas. Ya tradisi di keluarga kita juga itu. Terus di kampung itu kita juga nanti biasanya ya berkeyboad lah. Kalau ibadah ya tetap lah kita ikuti karena itukan hal yang terpenting,"kata Jonnas.

Jonas mengaku kalau dikeluarganya lemang adalah makanan yang tidak pernah mereka lupakan untuk dihidangkan. Dikeluarganya ia adalah orang yang selalu ditunggu-tunggu untuk memasaknya. Ia memaklumi dan menyadari karena tidak semua orang pandai memasaknya.

"Ya kalau sayakan dari kecil memang sudah bisa masak lemang. Bagaimana biar masaknya bagus dibambu ya gampangnya itu sama saya. Itu sayalah nanti yang ngerjain di kampung. Ada juga dodol tapi kalau buat itu saya enggak ikut-ikutan,"kata Jonnas.

Jonnas merupakan satu diantara pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Deliserdang yang beragama Kristen. Sebelumnya Jonas dan pejabat lain telah menghadiri acara natal Oikoumene Deliserdang yang digelar di open stage Lubukpakam Minggu, (16/12).

Saat itu ada ribuan umat kristiani yang tumpah ruah datang ke acara yang juga dihadiri oleh Bupati Ashari Tambunan.

(dra/tribun-medan com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved