Sosok Tony Wenas Dirut PT Freeport Indonesia, Pernah Raih Penghargaan CEO Terbaik

Tony Wenas lahir 8 April 1962. Dia merupakan lulusan FH Universitas Indonesia (UI) pada 1985. Namanya telah malang melintang di dunia Pertambangan.

Sosok Tony Wenas Dirut PT Freeport Indonesia, Pernah Raih Penghargaan CEO Terbaik
kontan
Tony Wenas 

TRIBUN-MEDAN.com-PT Inalum (Persero) resmi membeli sebagian saham PT Freeport Indonesia (PTFI). Kepemilikan saham Indonesia atas PTFI meningkat dari 9 persen menjadi 51 persen.

Resminya pengalihan saham tersebut ditandai dengan proses pembayaran dan terbitnya Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi (IUPK) sebagai pengganti Kontrak Karya (KK) PTFI.

Kontrak karya PT Freeport Indonesia  berjalan sejak tahun 1967 dan diperbaharui di tahun 1991 dengan masa berlaku hingga 2021.

Dengan terbitnya IUPK ini, PTFI akan mendapatkan kepastian hukum dan kepastian berusaha dengan mengantongi perpanjangan masa operasi 2 x 10 tahun hingga 2041.

Tidak hanya kepastian hukum, PTFI juga mendapatkan jaminan fiskal dan regulasi. Kedepan PTFI juga akan membangun pabrik peleburan (smelter) dalam jangka waktu lima tahun.

Terkait dengan pengalihan saham, Inalum telah membayar 3,85 miliar dollar AS kepada Freeport McMoRan Inc.

(FCX) dan Rio Tinto, untuk membeli sebagian saham FCX dan hak partisipasi Rio Tinto di PTFI sehingga kepemilikan INALUM meningkat dari 9.36 persen menjadi 51,23 persen.

Kepemilikan 51,23 persen tersebut nantinya akan terdiri dari 41,23 persen untuk Inalum dan 10 persen untuk Pemerintah Daerah Papua.

Saham Pemerintah Daerah Papua akan dikelola oleh perusahaan khusus PT Indonesia Papua Metal dan Mineral (IPPM) yang 60 persen sahamnya akan dimiliki oleh Inalum dan 40 persen oleh BUMD Papua.

Usai pembelian ini dilakukan  PT Inalum. Inalum melakukan perombakan direksi. Tony Wenas resmi ditunjuk menjadi direktur utama PT Freeport Indonesia. 

Kabar Terbaru Freeport, Perombakan Jajaran Direksi hingga PT Inalum Bicara soal Pekerja Asing

Sosok Voke Victoria Wanita yang Ingin Dinikahi Kriss Hatta, Ogah Tenar Kasus Istri Hilda Vitria

Halaman
1234
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved