Zona Merah Lau Kawar Ramai Dikunjungi Wisatawan, Kapolsek Ingatkan Status Awas Gunung Sinabung

"Kita tetap terus melakukan patroli ke seluruh kawasan yang masuk ke dalam zona merah. Terlebih pada hari-hari libur seperti saat ini," ujar Dedy

Zona Merah Lau Kawar Ramai Dikunjungi Wisatawan, Kapolsek Ingatkan Status Awas Gunung Sinabung
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Saat melakukan patroli ke Danau Lau Kawar, Kapolsek Simpang Empat Iptu Dedy Ginting (tengah) mengimbau kepada masyarakat untuk tidak memasuki kawasan zona merah, Minggu (23/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, NAMANTERAN - Berdasarkan beberapa informasi yang beredar, kawasan Danau Lau Kawar yang terletak di Desa Kuta Gugung, Kecamatan Namanteran itu, sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Padahal, menurut rekomendasi dari petugas Pos Pengamatan Gunung Sinabung, daerah tersebut masih masuk ke dalam zona merah.

Maka untuk memastikan hal tersebut, sebagai personel Satuan Tugas (Satgas) tanggap darurat bencana Gunung Sinabung, Kapolsek Simpang Empat Iptu Dedy Ginting, langsung melakukan patroli ke sana. Pada patroli ini, Dedy didampingi oleh Kanit Reskrim Polsek Simpang Empat Ipda L Sitorus dan Personel Babinsa dari Koramil 04/SE Serda Iwan Indrawan.

"Kita tetap terus melakukan patroli ke seluruh kawasan yang masuk ke dalam zona merah. Terlebih pada hari-hari libur seperti saat ini," ujar Dedy, Minggu (23/12/2018)

Benar saja, seperti amatan www.tribun-medan.com, di lokasi tersebut terlihat puluhan bahkan ratusan orang sedang menikmati keindahan danau yang letaknya tak jauh dari Gunung Sinabung itu. Para pengunjung, juga diketahui berasal dari berbagai daerah. Mulai dari Kabupaten Langkat, Lubuk Pakam, Binjai, serta beberapa daerah lainnya yang berada di sekelompok Kabupaten Karo.

Seorang pengunjung yang berasal dari Lubuk Pakam Yogi, mengaku dirinya tidak mengetahui jika kawasan ini merupakan zona merah. Dirinya menyebutkan, berani datang berwisata ke sini, karena mendapat informasi jika wilayah tersebut sudah dapat dikunjungi.

"Kami lihat sudah banyak yang datang ke sini, makanya kamipun berani jalan-jalan ke sini. Tapi enggak tau kalau ini masih zona merah," katanya.

Pengunjung lainnya Eli bru Surbakti, juga mengatakan dirinya juga tidak mengetahui daerah ini masih berstatus zona merah. Wanita yang tinggal di Padang Bulan, Medan itu mengatakan dirinya datang ke sana bersama keluarganya sekaligus ingin mengenang masa kecil anak-anaknya.

Dirinya juga mengatakan memiliki kedekatan dengan Danau Lau Kawar, karena merupakan dekat dengan kampung halamannya. Setelah diimbau oleh personel, dirinya mengaku akan segera kembali ke rumah.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved