Dua Hari Libur Natal, IGD RSUP Adam Malik Terima 130 Pasien, Terbanyak Pengidap Penyakit Dalam

Pelayanan poliklinik rawat jalan dan eksekutif di RSUP H Adam Malik (HAM), Medan, kembali buka. Namun, tidak terjadi pembludakan.

Dua Hari Libur Natal, IGD RSUP Adam Malik Terima 130 Pasien, Terbanyak Pengidap Penyakit Dalam
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Deretan kursi antrean di ruang Pendaftaran Pasien Rawat Jalan RSUP H Adam Malik, Medan, tampak lowong, Rabu (26/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Pasca libur Natal tanggal 24 dan 25 Desember 2018, pelayanan poliklinik rawat jalan dan eksekutif di RSUP H Adam Malik (HAM), Medan, kembali buka. Namun, tidak terjadi pembludakan.

Pantauan Tribun Medan, Rabu (26/12/2018) pukul 15.30 WIB, deretan kursi di depan ruang-ruang poliklinik dan tempat tunggu obat, yang ada di lantai satu hingga lantai empat gedung Instalasi Rawat Jalan lantai 1 hingga 4, tidak begitu ramai didatangi pengunjung.

Pemandangan serupa juga terlihat di ruang Admisi dan Pendaftaran Pasien Rawat Jalan yang ada di lantai dasar gedung Instalasi Rawat Jalan. Deretan kursi-kursi, yang biasa diisi oleh antrean pasien/keluarga pasien, tampak banyak yang lowong.

Kasubbag Humas RSUP H Adam Malik Rosario Dorothy mengatakan, pasca libur, pihak RSUP H Adam Malik tetap siap memberikan pelayanan maksimal terhadap pasien.

"Bukan berarti karena baru siap libur, pelayanan kita menjadi tidak maksimal. Tidak. Kita tetap memberikan pelayanan semaksimal mungkin," ujar Rosa.

Pelayanan poliklinik RSUP HAM, ujar Rosa, kembali libur alias tutup pada libur Tahun Baru tanggal 1 Januari 2019 mendatang.

Poliklinik dan pelayanan administrasi RSUP HAM akan kembali buka pada tanggal 2 Januari 2019. Sementara, untuk Intalasi Gawat Darurat tetap buka selama libur.

"IGD pasti buka 24 jam setiap harinya. Lima dokter spesialis selalu stand-by untuk menangani pasien gawat darurat," tukas Rosa.

Rosa menuturkan, selama dua hari libur Natal 2018 kemarin, IGD RSUP HAM menerima pasien sebanyak 130 orang. Jumlah itu, kata Rosa, meningkat 15 persen dari hari biasa. Sebagian besar pasien yang datang merupakan pengidap penyakit dalam.

"Paling banyak pasien penyakit dalam. Selain itu, pasien bedah, jantung, anak, obgyn, saraf, dan THT. Ada juga pasien korban lakalantas, berjumlah delapan orang," pungkas Rosa.

(cr16/tribun-medan.com)

Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved