Hanya Rp 500 Ribu Anda Bisa Punya Usaha Laundry, Mau?

Andy mengatakan sudah lima tahun ia mengeluti bisnis laundry dan ia merasa perkembangan usahanya ini berjalan dengan baik.

Hanya Rp 500 Ribu Anda Bisa Punya Usaha Laundry, Mau?
TRIBUN MEDAN/NATALIN SINAGA
Founder Bang Kinclonk Laundry Medan, Andy Syahputra Silaban (tengah) bersama karyawannya. Bang Kinclonk Laundry membuka kerjasama bisnis laundry berupa bagi hasil dengan modal Rp 500 ribu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Natalin

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Bisnis laundry sekarang ini cukup digemari dikalangan para pengusaha kecil menengah.

Usaha laundry ini dengan semakin banyak bertebaran di pinggir jalan. Bahkan ada yang membuka usaha laundry di rumah tempat mereka tinggal. Hal ini membuktikan bahwa usaha laundry merupakan usaha yang cukup menjanjikan.

"Bisnis laundry ini cukup menjanjikan meskipun sudah banyak pesaingnya. Tapi kita harus serius mengerjakannya, apapun profesi kita, apapun bisnis kita pasti berhasil,"ujar Founder Bang Kinclonk Laundry Medan, Andy Syahputra Silaban di Jalan HM Joni no. 188, Medan.

Andy mengatakan sudah lima tahun ia mengeluti bisnis laundry dan ia merasa perkembangan usahanya ini berjalan dengan baik.

"Awalnya kita memilih usaha laundry, karena pas balik ke Medan, enggak ada yang mencuci baju kita. Kita pun memilih investasi bisnis laundry karena kita enggak mau ribet," ucap Alumni Institut Manajemen Telkom Bandung ini.

Andy menceritakan sempat terpikir untuk membuka toko dan rumah makan, karena alasan takut menyimpan stok barang dan rumah jadi kotor sehingga ia pun membatalkan niatnya tersebut.

"Kelebihan laundry kita itu, pastinya bersih, rapi, wangi, cepat dan harga juga cukup terjangkau. Harga laundry disini, Rp 6 ribu perkilo tapi kadang saya ngasih harga promo. Sekarang lagi ada promo Rp 5 ribu perkilo sampai tanggal 31 januari 2019, sudah termasuk cuci dan setrika," jelasnya.

Andy menambahkan pihaknya juga membuka kerjasama bisnis laundry berupa bagi hasil dengan modal Rp 500 ribu. "Bagi teman-teman yang ingin punya usaha laundry, kita dapat bekerjasama. Semua keperluan bisnis misalnya mereka bisa dapat spanduk, banner, timbangan digital dan bon," ucapnya.

"Target konsumen kita itu, mahasiswa, anak kost, pekerja kantoran, dan pasangan keluarga yang sibuk bekerja," kata laki-laki Kelahiran Kota Medan, 27 Juli 1988

Ia mengatakan persaingan bisnis laundry ini cukup kuat, agar tetap eksis dan bertahan, Bang Kinclonk Laundry menyediakan pelayanan terbaik dan menjaga kualitas.

"Bisnis laundry ini bisnis sejuta umat, ibu rumah tangga pun bisa berbisnis laundry. Tapi enggak semua orang bisa bertahan, karena mereka tidak sabar dan tidak ulet menjalani bisnis ini. Untuk bertahan, ya kita harus benar-benar kasih kualitas terbaik," ujarnya.

(cr13/Tribun-medan.com)

Penulis: Natalin Sinaga
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved