Lebih dari 20.000 Jemaat Hadiri Perayaan Natal Nasional 2018 yang Dihadiri Presiden Jokowi

Perayaan Natal Nasional 2018 yang dihelat di Medan ternyata mengumpulkan sejumlah kolekte.

Lebih dari 20.000 Jemaat Hadiri Perayaan Natal Nasional 2018 yang Dihadiri Presiden Jokowi
Kris/Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi kenakan pakaian adat saat masuk ke gedung 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Lebih dari 20.000 jemaat dari berbagai daerah penuh sesak ke lokasi yang dihadiri Presiden Joko Widodo dalam Perayaan Natal Nasional 2018 yang dihelat di Gedung Serbaguna Pemprov Sumut, Sabtu (29/12/2018)

Bahkan, lantaran kapasitas Gedung tak mampu memenuhi ribuan tamu jemaah dialihkan ke gedung sebelah yang mana, panitia telah mendirikan layar lebar untuk menonton langsung perayaan Natal 2018 yang bertema 'Hidup Dalam Hikmat, Nyata dalam Damai dan menjadi energi untuk persatuan dan kesatuan'.

"Saya percaya, kasih ini di atas hukum. Di atas Norma, Kasih di atas semua hubungan agama. Selanjutnya saya selaku panitia meminta maaf apabila ada yang kurang baik dalam perhelatan ini," kata Ketua Pelaksana Natal Nasional 2018 Pdt Bambang Jonan dalam sambutan pembukanya. 

Acara ini dihadiri sejumlah menteri di kabinet Presiden Jokowi. Selain itu turut hadir Kapolri jenderal pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahyanto dan jajaran Forkopimda Provinsi Sumatera Utara.

Perayaan Natal Nasional 2018 yang diselenggarakan di Sumatera Utara ternyata mengumpulkan sejumlah kolekte. 

Presiden Joko Widodo menyalami sejumlah warga ketika menghadiri acara Natal Nasional, di Gedung Serbaguna, Jalan Willem Iskandar, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (29/12/2018). Jokowi hadir ditemani Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendera Tito Karnavian. TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR
Presiden Joko Widodo menyalami sejumlah warga ketika menghadiri acara Natal Nasional, di Gedung Serbaguna, Jalan Willem Iskandar, Medan, Sumatera Utara, Sabtu (29/12/2018). Jokowi hadir ditemani Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendera Tito Karnavian. TRIBUN MEDAN/DANIL SIREGAR (DANIL SIREGAR)

Kolekte yang biasanya adalah sumbangan dari umat Nasrani untuk berbagai keperluan Gereja maupun umat Nasrani kembali, justru dalam acara kali ini akan disumbangkan ke sejumlah lokasi bencana di Indonesia.

Pdt Bambang Jonan menyampaikan, bahwa Ketua Umum Yasonna Laoly memutuskan agar hasil kolekte disumbangkan.

"Musyawarah dengan Pak Ketua Umum Yasonna Laoly bahwa uang hasil kolekte ini akan disumbangkan ke korban lokasi bencana yang ada di Indonesia," ucapnya.

Ia sebelumnya pun mengatakan bahwa pada Pra Natal Nasional 2018, Panitia sempat mengadakan bakti sosial dengan memberikan bantuan gempa tsunami di Palu, Donggala, dan Sigi (Sulawesi Tengah).

"Pada 1 Desember 2018 lalu kita bersama sempat melakukan bakti sosial dalam rangka Pra Natal Nasional 2018. Kita ingin turut merasakan apa yang dialami saudara - saudara kita. Pada waktu itu kita berikan bantuan ke empat masjid dan empat gereja serta bantuan. Lainnya untuk anak-anak yang membutuhkan," ucapnya.

(cr15/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved