Pemuda Ini Idap Penyakit Aneh, Kulitnya Melepuh dan Mengelupas, Bermula dari Bintik Mirip Cacar Air

Hampir sekujur kulitnya melepuh dan bernanah bagaikan habis terluka. Lepuhan kulitnya pun tampak seperti akan mengelupas.

Pemuda Ini Idap Penyakit Aneh, Kulitnya Melepuh dan Mengelupas, Bermula dari Bintik Mirip Cacar Air
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Zulfa Chairani (49) berdiri di samping ranjang tempat anaknya, Jericho Simbolon (19), terbaring di kamar B-508 RSU Royal Prima Medan, Minggu (30/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Nyeri luar biasa, mungkin itu yang dirasakan Jericho Simbolon (19) saat ini. Pemuda warga Jalan Karya II, kompleks Pemda, Kelurahan Karang Berombak, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan, ini menderita penyakit yang terbilang jarang dijumpai.

Hampir sekujur kulitnya melepuh dan bernanah bagaikan habis terluka. Lepuhan kulitnya pun tampak seperti akan mengelupas. Mata dan mulutnya terkatup. Aroma tak sedap menyeruak dari tubuhnya.

Untuk memanggil ibunya, Zulfa Chairani (49), Jericho hanya bisa mengerang. Itu pun pelan.

Saat ditemui Tribun Medan di kamar B-508 RSU Royal Prima, Zulfa menuturkan penyakit anak bungsunya itu berawal dari bintik-bintik kecil, mirip cacar air. Hal itu terjadi pada bulan November 2017 lalu.

"Awalnya kami pikir alergi ayam. Badannya penuh bintik-bintik, demam, dan mulutnya kena sariawan. Kami kasih obat alergi. Rupanya enggak membaik, sehingga kemudian kami bawa ke klinik dekat rumah," ujar Zulfa, Minggu (30/12/2018).

Usai dirawat jalan di klinik, kondisi Jericho membaik. Namun tidak berlangsung lama. Berselang beberapa hari kemudian, penyakit Jericho kambuh lagi, dan dibawa lagi ke klinik. Begitu seterusnya dan bergonta-ganti klinik atau tempat praktik dokter.

Pada bulan Agustus 2018, penyakit Jericho kambuh lagi dan lebih parah dari sebelumnya. Di waktu ini, Jericho tak bisa makan dan minum, sebab mulutnya terkatup. Karena ketiadaan biaya, Zulfa pun merawat Jericho di rumah saja kala itu.

Zulfa memberi makan anaknya dengan jus buah super encer. Tujuh hari kemudian, Jericho membaik.

Selanjutnya, pada awal bulan November 2018, penyakit Jericho kembali kambuh, tetapi lebih parah. Zulfa kemudian membawa Jericho ke tempat praktik dokter spesialis di Jalan Mongonsidi, Medan. Kata dokter spesialis itu, Jericho memiliki masalah dengan sistem imunitas tubuh.

Halaman
12
Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved