KPU Karo Lantik 34 PPK Tambahan, Gemar Berpesan Jaga Netralitas Dan Integritas

Para anggota PPK ini akan ditugaskan untuk membantu proses Pemilu hingga bulan Juni mendatang.

KPU Karo Lantik 34 PPK Tambahan, Gemar Berpesan Jaga Netralitas Dan Integritas
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan (tengah) memberikan arahan kepada 34 anggota PPK yang baru dilantik, di Aula KPUD Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Rabu (2/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, melantik 34 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), di Aula KPUD Karo, Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Rabu (2/1/2019).

Nantinya, para anggota PPK ini akan ditugaskan untuk membantu proses Pemilu hingga bulan Juni mendatang.

Pada kegiatan tersebut, seluruh anggota baru itu turut diambil sumpahnya agar amanah dalam menjalankan tugas.

Menurut keterangan dari Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan, anggota PPK ini merupakan tambahan dari 51 anggota PPK yang telah ada sebelumnya. Dirinya menyebutkan, penambahan ini sesuai dengan keputusan KPU RI dan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No 31/PUU-XVI/2018.

"Jadi sesuai dengan perintah KPU RI, dan putusan MK di mana ada penambahan anggota PPK sebanyak dua orang di setiap kecamatan. Di Kabupaten Karo kan ada 17 kecamatan dan dikali dua, jadi hari ini kita lantik sebanyak 34 anggota PPK," ujar Gemar.

Usai proses pelantikan, Gemar tak lupa memberikan beberapa pesan kepada para anggota PPK yang baru. Di antaranya adalah, harus menjaga integritas dan netralitas. Karena menurutnya, seluruh bagian penyelenggara Pemilu harus menjunjung tinggi netralitas.

"Bisa saja kan kerabat dari anggota ini ada yang menjadi Caleg, jadi ya kita antisipasi dengan menekankan sikap netral bagi seluruh anggota PPK. Layani semua peserta Pemilu dengan adil dan merata," katanya.

Dirinya berharap, dengan bertambahnya petugas pemilihan di setiap kecamatan, semakin memperkuat soliditas antar anggotanya. Serta turut meringankan pekerjaan, atau tugas-tugas dalam menghadapi pesta demokrasi nantinya.

"Ya kita harap teman-teman ini semakin bersemangat dalam bekerja menyelesaikan semua tugas yang telah kita tentukan," katanya.

Pada kegiatan pelantikan ini turut dihadiri oleh Kapolres Tanah Karo AKBP Benny R Hutajulu, Ketua Bawaslu Karo Eva Juliani Pandia, S.H, Kasi Intel Kejaksaan Karo Arif Kadarman, perwakilan Kodim 0205/TK, serta perwakilan Yonif 125 SMB.

(cr4/tribun-medan.com) 

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved