Lantik 30 Anggota PPK Tambahan untuk Pemilu 2019, Ini Pesan Ketua KPUD Dairi

Ketua KPUD Dairi Sudiarman Manik berpesan kepada mereka yang dilantik supaya benar-benar mampu menjaga independensi.

Lantik 30 Anggota PPK Tambahan untuk Pemilu 2019, Ini Pesan Ketua KPUD Dairi
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Suasana pelantikan 30 orang anggota PPK tambahan pascaputusan MK Nomor 31/PUU-XVI/2018 yang berlangsung di Balai Budaya, Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang pada Rabu (2/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Dairi melantik 30 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2019 di Balai Budaya, Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Dairi pada Rabu (2/1/2019).

Pelantikan itu menindaklanjuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 31/PUU-XVI/2018 yang menyatakan jumlah anggota KPU Kabupaten/Kota dan penyelenggara Pemilu turunannya berjumlah lima orang.

Usai pengambilan sumpah jabatan terhadap 30 orang anggota PPK yang baru, Ketua KPUD Dairi Sudiarman Manik berpesan kepada mereka yang dilantik supaya benar-benar mampu menjaga independensi dan integritas sebagai bagian dari penyelenggara Pemilu.

"Harapan kami, PPK yang baru dilantik ini kiranya mampu bekerja sama dengan PPK yang sudah ada sebelumnya. PPK hendaknya bersikap jujur, adil serta objektif dalam menjalankan tugas, bekerja dengan sungguh-sungguh, cermat dan penuh kehati hatian," kata Sudiarman.

Ia pun mengingatkan kepada seluruh anggota PPK untuk tidak mudah patah arang ketika berhadapan dengan tantangan yang akan dihadapi seluruh penyelenggara pemilu.

"Kita senantiasa perlu menjaga semangat selaku penyelenggara pemilu, agar kepercayaan publik kepada kita semakin meningkat," sebutnya.

Sudiarman pun menegaskan pentingnya menjalankan tugas sesuai dengan regulasi dan kode etik, agar pelaksanaan Pemilu 2019 dapat berjalan dengan sesuai yang diinginkan bersama.

"Tolak manipulasi proses Pemilu sejak dini. Jangan bekerja sama atau terkontaminasi dengan peserta pemilu. Optimalkan publikasi informasi dan seluruh kegiatan melalui media sosial. Agar semua yang kita lakukan transparan," ujarnya.

Selain itu, Sudiarman meminta kepada PPK yang baru dilantik untuk segera mempelajari Undang-undang Kepemiluan atau PKPU.

"Kuasai aturan baik Undang-undang atau PKPU. Supaya mudah mencarinya harus tersimpan di hape atau android masing-masing," tegasnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved