Polres Tapsel Tangani 33 Perkara Anggota yang Terlibat Pelanggaran Kode Etik dan Disiplin

Kalau kode etik itu seperti mencoreng nama baik Polri, melakukan tindakan yang mencemarkan nama baik Polri. Termasuk narkoba.

Polres Tapsel Tangani 33 Perkara Anggota yang Terlibat Pelanggaran Kode Etik dan Disiplin
TRIBUN MEDAN/Nanda F Batubara
Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini Adib 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Nanda F. Batubara

TRIBUN-MEDAN.com, TAPANULI SELATAN - Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Irwa Zaini mengatakan, terdapat 33 perkara yang melibatkan personel kepolisian di bawah naungan Polres Tapanuli Selatan yang ditindak sepanjang 2018.

Pelanggaran yang mereka lakukan, kata Irwa, adalah pelanggaran disiplin serta kode etik.

Irwa tidak merinci lengkap identitas serta pelanggaran 33 polisi tersebut. Namun katanya, jenis pelanggar disiplin dilakukan oleh 21 orang personel dan 12 lainnya melakukan pelanggaran kode etik.

"Pelanggaran disiplin itu seperti mangkir tidak dinas, itu pelanggaran disiplin. Kalau kode etik itu seperti mencoreng nama baik Polri, melakukan tindakan yang mencemarkan nama baik Polri. Termasuk narkoba," kata Irwa, Rabu (2/1/2019).

Irwa menambahkan, beberapa perkara akan tuntas pada tahun ini. Termasuk beberapa perkara terkait kasus narkoba.

"Ada lima perkara Januari (2019) akan diselesaikan. Satu anggota yang sedang ditahan di Rutan Sibuhuan karena menggunakan narkoba. Untuk narkoba ada empat perkara termasuk tadi yang masih di Rutan," kata Irwa.

Sepanjang 2018, Polres Tapanuli Selatan menangani tiga perkara kasus korupsi.

Satu di antara tiga kasus ini sudah masuk ke proses peradilan. Yakni kasus dugaan korupsi pembangunan pasar tradisional Situmbak, Sipirok, Tapanuli Selatan.

Polres Tapanuli Selatan mengungkap dugaan kerugian negara senilai Rp 300 juta dari pembangunan pasar yang merogoh anggaran sekitar Rp 1,3 miliar pada APBD 2014 lalu tersebut.

Halaman
123
Penulis:
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved