NEWS VIDEO: Berlibur ke Samosir, Jangan Lewatkan Romantisme Gondang Naposo 3-5 Januari

Persiapan demi persiapan telah mereka lakukan enam bulan sebelumnya. Bergerak sendiri, berbagai upaya dilakukan mulai dari menggalang dana.

NEWS VIDEO: Berlibur ke Samosir, Jangan Lewatkan Romantisme Gondang Naposo 3-5 Januari
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Muda-mudi (Naposo Bulung) Tuktuk, Kabupaten Samosir, akan memulai prosesi "Gondang Naposo" di, Open Stage, Tuktuk, Samosir, Kamis (3/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Muda-mudi (Naposo Bulung) Tuktuk, Kabupaten Samosir, akan memulai prosesi "Gondang Naposo" di, Open Stage, Tuktuk, Samosir, Kamis (3/1/2019). Gondang Naposo merupakan satu dari sekian tradisi Batak Toba sejak jaman leluhur.

Persiapan demi persiapan telah mereka lakukan enam bulan sebelumnya. Bergerak sendiri, berbagai upaya dilakukan mulai dari menggalang dana hingga Pesta terlaksana.

Muda-mudi Tuktuk sebelumnya, menggelar pawai damai start melintasi Jalan Lingkar Tuktuk ke Jalan Lingkar Samosir hingga kembali ke titik awal. Kemudian, mereka dipandu tetua adat Tuktuk ditandai dengan "Mambuat Tua ni Gondang".

Gondang Naposo ini menjadi 'jembatan' untuk menemukan "Rokkap ni tondi"/Jodoh. Bagi yang ingin berlibur atau sedang di Samosir, sebaiknya jangan melewatkan moment. Di sini, pengunjung dapat melihat Pasangan muda-mudi bergembira riang 'manortor" (menari) yang hanya sepelemparan batu dari bibir Pantai Danau Toba.

Event ini juga tidak lain, meneruskan budaya lokal. Tujuannya untuk mengangkat tradisi lokal yang dimiliki masyarakat Batak. Selain itu, juga untuk mempromosikan destinasi pariwisata di Kabupaten Samosir. Penting diketahui, tujuan utama dari gondang naposo ini adalah untuk mengajarkan bagaimana cara manortor (menari dalam adat Batak) yang sebenarnya.

Pasangan muda-mudi yang kental dibalut nuansa etnik mulai dari pakaian, akan menampilkan suguhan tarian terbaiknya. Hal itu mereka lakukan demi memikat hati pasangannya nantinya.

Melalui gerakan tortor, muda-mudi ini akan menerjemahkan maksud hatinya. Seperti berbisik kecil (marhusip/hata sopisik) menjadi ciri tortor ini demi menemukan pasangan hidupnya.

Pesta naposo yang diselenggarakan naposo Tuktuk juga mengundang naposo se-Kabupaten Samosir dan naposo sewilayah Danau Toba.

(jun/tribun-medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved