Pemkab Deliserdang Rencanakan Kenaikan Rp 30 Ribu untuk Honor Bilal Mayit dan Penggali Kubur

Pemkab Deliserdang juga mewacanakan untuk menaikkan honor untuk para bilal mayit dan penggali kubur.

Pemkab Deliserdang Rencanakan Kenaikan Rp 30 Ribu untuk Honor Bilal Mayit dan Penggali Kubur
offmedia.hu
Ilustrasi: Penggali Kubur 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM - Selain mewacanakan kenaikan TPP, Pemkab Deliserdang juga mewacanakan untuk menaikkan honor untuk para bilal mayit dan penggali kubur. Namun jumlah kenaikannya jauh sangat rendah sebab hanya naik Rp 30 ribu saja untuk perorangnya.

Hal inipun diakui oleh Kepala Bagian (Kabag) Administrasi, Pemberdayaan Masyarakat dan Trantibun Linmas Deliserdang, Robert Tambunan.

"Tahun lalu honornya bilal mayit dan penggali kubur itu Rp 110 ribu untuk tiap bulannya. Tapi menerimanya setiap tiga bulan sekali. Tahun ini dinaikkan Rp 140 ribu untuk tiap bulannya, ini belum ditetapkan memang. Ya memang puluhan ribu naiknya cuma jumlahnya di Deliserdang saja ada 3.500 itu yang mau diberi,"kata Robert Senin (7/1/2018).

Ia menyebut selama ini sistem penggajian dilakukan secara langsung dimana pihaknya mendatangi setiap kantor Kecamatan dan memberikannya kepada masing-masing orang yang sudah dikumpulkan oleh pihak Kecamatan. Disebut kalau honor mereka itu sama sekali tidak dikenakan pajak.

Sebelumnya diberitakan kalau pada tahun ini juga Pemkab berencana untuk menaikkan besaran Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Deliserdang untuk tahun 2019.

Informasi yang berhasil dikumpulkan Tribun, berdasarkan data terakhir yang dibahas oleh TAPD untuk kenaikannya naik dari Rp 500 hingga Rp 5 juta. Untuk yang paling tinggi adalah Sekda dari Rp 30 juta perbulan menjadi Rp 35 juta. Sementara untuk staf dari 1,5 juta menjadi Rp 2 juta.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved