Sidang Perdana, Hakim Perintahkan Pengoplos Gas Bersubsidi Ditahan

Majelis hakim yang diketuai Richard Silalahi, memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menahan terdakwa.

Sidang Perdana, Hakim Perintahkan Pengoplos Gas Bersubsidi Ditahan
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Pengoplos gas bersubsidi Ali Angka menjalani sidang perdana di PN Medan, Senin (7/1/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sidang perdana kasus pengoplosan gas bersubsidi dengan terdakwa Ali Amka Hasibuan (38) digelar di Pengadilan Negeri Medan, Senin (7/1/2019).

Pada sidang tersebut, Majelis hakim yang diketuai Richard Silalahi, memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk menahan terdakwa.

Hal itu dilakukan Hakim usai mengetahui penahanan terdakwa telah ditangguhkan sejak 16 Oktober 2018. Hakim Richard Silalahi berpendapat bahwa terdakwa dinilai sudah merugikan rakyat dan layak untuk ditahan.

"Kenapa terdakwa tidak ditahan?," tanya hakim Richard kepada JPU Dwi Meily Nova di ruang sidang Cakra 6 Pengadilan Negeri (PN) Medan.

Mendengar pertanyaan majelis, JPU pun kebingungan hingga majelis hakim terpaksa menskor sidang hingga menunggu jawaban JPU Dwi Meily Nova. Sekira 30 menit berlalu, majelis kembali membuka sidang mendengar jawaban JPU.

Namun ternyata, majelis tetap pada pendiriannya dan memerintahkan JPU untuk menahan terdakwa.

"Terdakwa Ali Amka Hasibuan ini telah merugikan rakyat, jadi harus ditahan," tegas hakim Richard, sambil mengetuk palunya.

Sementara, dalam dakwaan yang dibacakan JPU Dwi Meily Nova, terdakwa pada tanggal 26 September 2018 ditangkap oleh petugas dari Subdit I/Indag Ditreskrimsus Polda Sumut, yang berawal dari informasi masyarakat. Dalam penggrebekan itu, petugas mengamankan 500 tabung gas dari gudang Becer di Jalan Marelan 6 Pasar II Timur Komplek Marelan Permai Kelurahan Titipapan Kecematan Medan Marelan.

"Saksi-saksi menemukan beberapa orang karyawan yang sedang melakukan pengoplosan isi tabung gas 3 kg yang disubsidi pemerintah ke dalam tabung gas ukuran 50 kg non subsidi," ungkap JPU.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved