Hakim PN Medan Vonis WN Nepal Delapan Bulan Penjara, Istrinya Menjenguk Seminggu Dua Kali

"Adapun hal-hal yang meringankan, terdakwa adalah tulang punggung dari keluarga yang merupakan WNI dan bersikap sopan selama di persidangan"

Hakim PN Medan Vonis WN Nepal Delapan Bulan Penjara, Istrinya Menjenguk Seminggu Dua Kali
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
WN Nepal Manbahadur Bisukarma dijatuhi hukuman delapan bulan penjara di PN Medan, Selasa (8/1/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Majelis hakim Pengadilan Negeri Medan yang dipimpin T. Oyong menjatuhkan hukuman pidana penjara selama delapan bulan kepada Warga Negara Nepal Manbahadur Bisukarma (38).

Sebut Oyong, perbuatan Manbahadur terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar UU Keimigrasian.

Sidang yang berlangsung di ruang Cakra 4 Pengadilan Negeri Medan ini, Majelis hakim menyatakan pemberatan terhadap perbuatan Manbahadur melanggar UU Keimigrasian Negara Republik Indonesia.

"Adapun hal-hal yang meringankan, terdakwa adalah tulang punggung dari keluarga yang merupakan WNI dan bersikap sopan selama di persidangan," ucap Hakim Oyong, pada persidangan yang digelar Selasa (8/1/2019) sore.

Perbuatan Terdakwa Manbahdur, disebut Majelis hakim diancam pidana dalam Pasal 119 Ayat (1) atau Pasal 113 UU RI No. 6 Tahun 2011 Tentang keimigrasian sehingga layak dijatuhi sesuai dengan perbuatannya.

"Mengadili terdakwa dengan pidana penjara selama 8 bulan, Denda Rp 1 Juta subsider 1 bulan kurungan, menetapkan masa penahanan dikurangkan seluruhnya dari yang sudah dijalani terdakwa," kata Hakim.

Putusan tersebut jatuh lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Chandra Priono Naibaho dari Kejari Medan yang menuntutnya dengan pidana penjara selama 1 Tahun, Denda Rp 1 Juta, Subsider 1 bulan kurungan.

Kepada Manbahadur, Sebelum menutup sidang, Hakim T. Oyong mengatakan ketentuan hukum berikutnya akan diserahkan ke Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

"Nantinya, penegakan hukum selanjutnya ada di tangan imigrasi. Kamu juga harus menaatinya ya," ucap Oyong kemudian mengetuk palu pada sidang tingkat pertama ini.

Halaman
123
Penulis: Alija Magribi
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved