RS HKBP Balige tak Layani Pasien BPJS

Rumah Sakit HKBP di Balige tidak menerima BPJS Kesehatan sejak 1 Januari 2019.

RS HKBP Balige tak Layani Pasien BPJS
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Pasien BPJS di RSUD Porsea membludak semenjak November 2018. Saat ini pasien terpaksa harus menunggu antrean panjang, akibat pasien mengalami peningkatan di RSUD Porsea, Selasa (8/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara
 

TRIBUN-MEDAN.COM, TOBASA-Pasien membludak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Porsea, Selasa (8/1/2019). Mereka datang dari berbagai Kecamatan di wilayah Kabupaten Toba Samosir untuk berobat.

Hal itu diakibatkan BPJS Kesehatan mengakhiri kerja sama dengan 65 rumah sakit swasta di berbagai daerah di Indonesia terhitung mulai 1 Januari 2019.
 

Putri Napitupulu (42), Warga Balige mengatakan Rumah Sakit HKBP di Balige tidak menerima BPJS Kesehatan sejak 1 Januari 2019. Padahal, rumahnyabhanya berjarak 100 meter dari RSU HKBP. Namun dia harus menempuh belasan kilo meter ke RSUD Porsea.
 

"Rumah sakit di Balige gak dilayani lagi BPJS, makanya kami datang jauh-jauh ke sini"sebutnya.
 

Disinggung soal langka BPJS mengakhiri kerja sama dengan puluhan rumah sakit swasta, katanya berdampak buruk pada pelayanan masyarakat. Apalagi seperti di RSUD Porsea mereka harus menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah, atau rumah sakit-rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS.
 

Warga asal Parsoburan, Roy Pardosi keluarga salah satu pasien mengatakan ruang rawat inap di Rumah Sakit tempat keluarganya dirawat ini menjadi tidak nyaman. "Yah mau enggak mau, di ruangan itu jadi enggak nyaman, karena bercampur",katanya.
 

Roy merupakan pasien yang sengaja datang ke RSUD Porsea dikarenakan Rumah Sakit Huria Kristen Batak Protestan (HKBP), tidak menerima pasien BPJS.
 

Direktur RSUD Porsea, dr Tihar Hasibuan kepada Wartawan mengatakan pasien berobat jalan dan rawat inap mengalami peningkatan oer 1 Januari 2019. Kondisi ini murnin dampak daeibetelah RS HKBP Tidak melayani pasien BPJS lagi.
 

"Mulai Januari 2019 RumahbSakit ini ramai dikunjungi pasien BPJS. Saat ini RS Balige, tidak menerima pasien BPJS yang berobat jalan maupun rawat inap. Karenaya, mayoritas warga Tobasa berobat ke RSUD Porsea,”ujarnya.
 

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved