Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Binjai Buka Pendaftran Relawan Demokrasi

Program Relawan Demokrasi bertujuan untuk membangkitkan kesukarelaan dan partisipasi masyarakat sipil.

Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Binjai Buka Pendaftran Relawan Demokrasi
TRIBUN MEDAN/DEDY KURNIAWAN
Komisioner KPU Binjai Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Robby Effendi. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Demi target 77,5 persen target partisipasi pemilih 2019,
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Binjai membuka pendaftaran rekrutmen anggota Relawan Demokrasi.

Program Relawan Demokrasi bertujuan untuk membangkitkan kesukarelaan dan partisipasi masyarakat sipil dalam agenda pemilu 2019 yang digelar serentak.

"Relawan Demokrasi pendaftaran sudah kami buka mulai hari ini, dan akan ditutup pada 14 Januari mendatang. Program ini harapannya untuk menumbuhkan kembali kesadaran positif terhadap pentingnya pemilu dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," jelas Komisioner KPU Binjai Robby Effendi, di ruang kerjanya, Kamis (10/1/2019)

Robby menjelaskan, Relawan Demokrasi akan bergerak bersama KPU selama 3 bulan. Bagi calon Relawan Demokrasi ini disyaratkan, khusus yang memiliki KTP Binjai dan akan diberi honor bersumber APBN 2019.

"Relawan Demokrasi difokuskan ke 10 basis pemilih di masyarakat. Di antaranya basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, perempuan, penyandang disabilitas, berkebutuhan khusus, pemilih marginal, basis komunitas, basis keagamaan dan basis warga internet," jelasnya.

"Untuk cara kerja dan tugasnya, secara garis besar kegiatan relawan akan disampaikan dan disiapkan bimbingan teknis tersendiri oleh KPU," sebut Robby.

Adapun persyaratan relawan demokrasi, di antaranya WNI, berusia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SLTA/sederajat, berdomisili di Binjai, terdaftar sebagai pemilih, lebih baik punya pengalaman penyuluh/berorganisasi.

"Diutamakan yang pernah ikut kursus pemilu atau program sosialisasi KPU Binjai lainnya, tidak menjadi anggota partai politik. Mampu membuat konten desain, slogan, meme dan punya akun dan aktif di media sosial," jelas Robby.

"Bagi warga Binjai yang berminat dapat mengunduh formulir dan ketentuan lainnya di website KPU Binjai atau melihat di website KPU RI di www.kpu.go.id. Harapan terakhir Relawan Demokrasi untuk menggerakkan masyarakat setempat agar menggunakan hak pilihnya dengan bijaksana," pungkas Robby.

(dyk/tribun-medan.com)

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved