Unggah Video Memasak Ikan ke Media Sosial Pasutri Ini Didenda Rp 20 Juta, Kok Bisa Ya !

Video itu terlihat seperti video memasak biasa, namun warganet dengan mata yang jeli dengan cepat melihat hal yang salah

Unggah Video Memasak Ikan ke Media Sosial Pasutri Ini Didenda Rp 20 Juta, Kok Bisa Ya !
CCTV & Xinhua
Sepasang suami istri asal China baru-baru ini mendapatkan masalah karena memasak ikan naked carp langka. 

TRIBUN-MEDAN.com - Sepasang suami istri asal China baru-baru ini mendapatkan masalah, setelah mengunggah video memasak di media sosial. Ternyata hidangan utama yang mereka persiapkan, adakah spesies ikan langka yang harus dilindungi.

Masalah ini bermula ketika pasangan itu memutuskan untuk merawat orang tua mereka dengan menyediakan makanan buatan sendiri.

Mereka pun mendokumentasi diri mereka ketika sedang memasak santapan berbahan ikan naked carp (Gymnocypris przewalskii) dan mengunggah rekaman itu ke media sosial.

Video itu terlihat seperti video memasak biasa, namun warganet dengan mata yang jeli dengan cepat melihat hal yang salah, dan langsung mencerca pasangan itu dengan amarah.

Curahan kemarahan yang cukup banyak ternyata menarik perhatian pihak berwenang setempat. Karenanya, pasangan itu pun didatangi oleh polisi dari Cagar Alam Nasional Danau Qinghai.

Disebut Naked Carp, karena tubuh ikan itu hampir tidak memiliki sisik.

Ikan itu bermigrasi setiap tahun dari sungai air tawar untuk bertelur dan menuju ke air asin Danau Qinghai, yang terbesar di Cina.

Meskipun jumlah mereka terus bertambah dari sekitar 2.600 ton pada 2002 menjadi 88.000 ton pada November, ikan tersebut masih digolongkan sebagai terancam punah dalam Daftar Merah Spesies China. Itu terjadi karena penangkapan ikan berlebihan yang terjadi selama bertahun-tahun.

Karena statusnya sebagai spesies ikan yang dilindungi, pasangan itu terpaksa harus membayar denda sebesar 10.000 yuan (Rp 20 juta)  merujuk pada Undang-undang Perlindungan Satwa Liar China.

Tidak disebutkan bagaimana pasangan itu bisa mendapatkan ikan tersebut dan memasaknya. Tetapi sang istri, yang dikenal dengan nama Song lah membelinya.

Halaman
12
Penulis: Sally Siahaan
Editor: Joseph W Ginting
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved