Berstatus Kelas IA PN Medan jadi Pengadilan Paling Sibuk se-Indonesia, Tangani 7.000 Perkara Setahun

Tak hanya itu, Jumlah perkara yang diterima masih perlu ditambahkan dengan jumlah perkara yang tersisa pada tahun 2017 yang totalnya sebesar 1.761

Berstatus Kelas IA PN Medan jadi Pengadilan Paling Sibuk se-Indonesia, Tangani 7.000 Perkara Setahun
TRIBUN MEDAN/Chandra Simarmata
Humas PN Medan Jamaluddin. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN-Pengadilan Negeri (PN) Medan merupakan salah satu pengadilan yang menampung perkara terbanyak di Indonesia.

Indikator itulah yang membuat status PN Medan adalah Kelas IA Khusus. Tercatat, jumlah perkara yang diterima PN Medan tahun 2018 sebanyak 5.648 perkara yang harus disidangkan.

Tak hanya itu, Jumlah perkara yang diterima masih perlu ditambahkan dengan jumlah perkara yang tersisa pada tahun 2017 yang totalnya sebesar 1.761 perkara.

Artinya beban PN Medan untuk harus menggelar sidang pada tahun 2018 adalah sebanyak 7.409 perkara, dengan rincian 5.245 perkara pidana dan 2.164 perkara perdata.

Humas sekaligus Hakim Niaga di Pengadilan Negeri Medan Jamaluddin MH mengatakan perkara yang diterima Pengadilan Negeri Medan pada tahun 2018 masih lebih rendah dibanding tahun sebelumnya.

Pembunuhan Sekeluarga di Bengkulu, Janda Hasnatul dan Dua Putrinya Dibantai, Ini Ciri Pelaku

Kondisi Terbaru Gunung Anak Krakatau, Air Laut di Sekelilingnya Tampak Berwarna Oranye

"Sebenarnya tahun 2017 itu masih lebih tinggi. Perkara tahun 2017 yang kita terima sampai 6.000-an kalau 2018 kan bisa dilihat di situ 5.648 perkara. Kalau perkara apa yang turun, saya belum bandingkan dengan tahun lalu," ucap mantan hakim Pengadilan Negeri Padang ini.

BMKG Keluarkan Peringatan Dini, Medan Berpotensi Hujan Mulai Sore hingga Malam

Satuan Pengamanan Bank Sumut Mendapatkan Penghargaan dari Kapolda pada Hari Ulang Tahun ke-38 Satpam

Menilik kasus/perkara pidana sepanjang tahun 2018, Pengadilan Negeri Medan telah menyidangkan 5057 Tindak Pidana Umum yang mana 966 perkara masih berjalan (sisa/belum diputus). 178 perkara Tindak Pidana Korupsi (41 sisa belum/diputus) dan 83 perkara Tindak Pidana Anak (9 sisa/belum diputus).

PN Medan juga menerima gugatan Praperadilan sebanyak 105 gugatan (12 sisa/belum diputus) dan 549 gugatan perdata perceraian (366 sisa/belum diputus). Sepanjang tahun 2018 juga, Pengadilan Negeri Medan menerima 68.039 perkara lalulintas.

LUCU, Pria Ini Menangis Histeris saat Disuntik, Videonya Viral di Medsos. .

Nukman Luthfie Sang Pakar Media Meninggal Dunia, Anies Baswedan Berbelasungkawa

Dari perkara di atas, tentu dalam memutus sejumlah perkara Tindak Pidana Tertentu (Terkait Harta Benda), para Majelis hakim di Pengadilan Negeri Medan juga memberikan putusan Denda dan Uang Pengganti seperti dalam perkara Korupsi, Narkotika, Perlindungan Anak dan Perikanan.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Joseph W Ginting
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved