Pemko Medan akan Berhentikan Ribuan PHL, Ini Tanggapan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan

2.554 orang PHL yang bekerja di dinas yang dipimpinnya, semuanya adalah tenaga fungsional.

Pemko Medan akan Berhentikan Ribuan PHL, Ini Tanggapan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan
Dok Pemko Medan
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan M Husni saat mencoba bangku taman di jalur pedestrian Lapangan Merdeka Medan, Selasa (5/6/2018) lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Liska Rahayu

TRIBUN-MEDAN.Com, MEDAN - Menyusul keputusan Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang tidak akan memperkerjakan kembali sejumlah Pegawai Harian Lepas (PHL), Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Medan M Husni mengatakan tidak mungkin memberhentikan PHL yang ada di wilayah kerjanya.

Pasalnya, dari 2.554 orang PHL yang bekerja di dinas yang dipimpinnya, semuanya adalah tenaga fungsional. Artinya, mereka sangat dibutuhkan untuk menjaga keindahan dan kebersihan Kota Medan.

"PHL itu ada 2.554 orang, termasuk tukang sapu, di TPA, Bestari, Melati. Sudah semuanya jumlahnya segitu. Semua sesuai operasional. Kalau itu diberhentikan, rugilah kota. Enggak mungkin diberhentikan," katanya saat dihubungi, Minggu (13/1/2019).

Husni mengklaim, tenaga PHL yang ada di bawah lingkungan kerjanya semuanya aktif bekerja. Sebab jika tidak, tidak akan ada yang menyapu jalanan Kota Medan.

"Semua tenaga PHL itu aktif lah. Kalau gak kota ini mana ada yang menyapu jalan," ujarnya.

Kendati lupa berapa banyak anggaran untuk menggaji tenaga PHL nya, diakui Husni, 2.554 orang PHL tersebut digaji sesuai Upah Minimum Kota (UMK).

Kendati demikian, ia tetap mengikuti instruksi Pemko Medan terkait assessment yang harus dilakukan terhadap PHL yang ada di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Kalau kita sedang melakukan assessment. Kalau tukang sapu kan gak mungkin kita kurangi, tapi tetap kita lakukan asesmen. Assessment itu kan biar tahu tugasnya apa-apa saja. Assessment saat ini sedang berjalan," ujarnya.

Assessment yang dilakukan, dikatakan Husni adalah ujian tertulis dan lainnya. Saat ini, di DKP sedang berlangsung asesmen berupa wawancara dan penilaian lapangan.

Halaman
123
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved