Ada Aktivitas Penebangan Liar di Kawasan Danau Toba, Ini Komentar Kapolres Samosir

Kasus penebangan liar yang terjadi di Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, belum jelas penanganannya

Ada Aktivitas Penebangan Liar di Kawasan Danau Toba, Ini Komentar Kapolres Samosir
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Barang bukti pembalakan liar di Tele, Samosir 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Kasus penebangan liar yang terjadi di Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, belum jelas penanganannya. Hingga saat ini, Senin (14/1/2019) pelaku belum bisa dijerat pidana.

Kasus itu diketahui pada Kamis (10/1/2019) lalu. Pelaku yang sudah sempat diamankan tim dari unsur pimpinan Kecamatan Hariara, berhasil kabur.

Camat Harian, Roberthon Manik mengatakan, penebangan liar ini diketahui dari laporan warga tentang aktivitas illegal logging di areal penggunaan lain (APL) hutan Desa Hariara Pintu, Kecamatan Harian.

Berdasarkan laporan itu, pejabat unsur pimpian kecamatan termasuk kepolisian dan TNI turun ke lokasi pada Kamis siang. 

Di luar kawasan hutan, tim menemukan ada empat unit truk tak bermuatan yang diperkirakan milik para pelaku penebangan liar.

Setelah tim masuk ke lokasi APL, ditemukan ada dua orang pelaku sedang melakukan aktivitas penebangan pohon menggunakan mesin pemotong kayu. Tim sempat mengamankan kedua pelaku.

Tim mendengar ada suara mesin pemotong kayu tak jauh dari sana, lalu membawa kedua pelaku untuk menunjukkan lokasi yang diperkirakan teman dari kedua pelaku.

Saat dibawa untuk menunjukkan lokasi temannya menebang, kedua pelaku berhasil kabur dari kawalan tim. Tak hanya kedua pelaku, empat temannya yang juga pelaku penebangan lainnya juga berhasil kabur.

"Mereka kabur dan tak sempat kita interogasi lebih jauh. Sempat memang kita amankan satu unit mesin sinso. Satu pelaku tadi sempat saya tahu marga Sinaga, warga Samosir," kata Roberthon.

Halaman
123
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved