Pensiunan Pegawai Bank Indonesia Ini Tipu Korbannya Hingga Rp 545 Juta Lebih

Pensiunan Bank Indonesia (BI) Paul Henry Hutapea (65) terlihat kesal saat Ketua Majelis Hakim Richard Silalahi

Pensiunan Pegawai Bank Indonesia Ini Tipu Korbannya Hingga Rp 545 Juta Lebih
TRIBUN MEDAN/ALIJA MAGRIBI
Imingi korbannya mendapat keuntungan setiap proyek, Paul Henry diputus 3 tahun penjara oleh Hakim PN Medan, Senin (14/1/2019) 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pensiunan Bank Indonesia (BI) Paul Henry Hutapea (65) terlihat kesal saat Ketua Majelis Hakim Richard Silalahi membacakan amar putusan terhadap dirinya di ruang Cakra 6, Pengadilan Negeri (PN) Medan, Senin (14/1/2019) sore.

Majelis Hakim menyatakan perbuatan Paul terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 378 KUHP Jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP tentang penipuan.

"Mengadili terdakwa Paul Henry Hutapea dengan pidana penjara selama 3 tahun dan dipotong dari masa tahanan yang dijalani terdakwa," ucap Hakim Richard Silalahi..

Putusan tersebut jatuh lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum Sri Hartati yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan pidana penjara selama 3 tahun 6 bulan.

Adapun pertimbangan menurut Majelis Hakim, bahwa hal yang meringankan adalah, terdakwa bersikap sopan selama di persidangan. Sedangkan hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa telah merugikan korbannya dan belum terjadi perdamaian.

Menanggapi vonis itu, baik terdakwa maupun Jaksa Penuntut Umum (JPU) Sri Hartati yang sebelumnya menuntut terdakwa menyatakan pikir-pikir.

Pantauan wartawan seusai persidangan, terdakwa tampak emosi. Dia mengatakan hukuman itu tak adil baginya. "Mana buktinya cobalah," ucap Paul.

"Sudah, sudah pak. Gak usah ngomong apa-apa lagi," ucap seorang wanita kepada terdakwa saat hendak diwawancarai wartawan.

Dalam dakwaan Jaksa menyebutkan, perkara ini bermula saat korban Morina Napitupulu mengenal terdakwa dan istrinya Rita Farida Napitupulu (belum tertangkap) pada 27 Februari 2015 di Jalan Jamin Ginting Pasar V yang mana pada saat itu Morina sedang belanja, kemudian terdakwa menyapa dan berkenalan. Terdakwa mengatakan bahwa istrinya juga boru Napitupulu.

Halaman
123
Penulis: Alija Magribi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved