IPO Bisa Semakin Memajukan Bank Sumut

Pengamat ekonomi, Aviliani menilai pelepasan sebagian saham ke publik melalui skema initial public offering (IPO)

IPO Bisa Semakin Memajukan Bank Sumut
TRIBUN MEDAN/AYU
Pembukaan acara Sharing Session Economic Outlook 2019 yang digelar Bank Sumut di Hotel Adimulia Medan, Selasa (15/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Ayu Prasandi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Pengamat ekonomi, Aviliani menilai pelepasan sebagian saham ke publik melalui skema initial public offering (IPO) merupakan salah satu langkah penting yang harus segera dilakukan Bank Pembangunan Daerah (BPD) untuk bisa lebih maju.

Hal tersebut disampaikan Aviliani saat menjadi pembicara di seminar Sharing Session Economic Outlook 2019 yang digelar Bank Sumut di Hotel Adimulia Medan, Selasa (15/1/2019).

Menurutnya, potensi BPD Bank Sumut sangat besar, jadi dengan IPO diyakini bisa semakin memajukan Bank Sumut. Dengan IPO, ada banyak keuntungan yang diperoleh Bank Sumut, pemegang saham dan termasuk masyarakatnya.

"Keuntungannya antara lain dari tidak lagi perlunya pemerintah kabupaten atau pemerintah kota dan provinsi menanamkan modal lebih besar lagi karena Bank Sumut bisa mendapatkan sumber pendanaan dari masyarakat yang membeli saham bank tersebut," jelasnya.

Ia menerangkan, dengan modal di Bank Sumut yang semakin besar, maka kinerja bank itu semakin bagus.

"Keuntunganlainnya adalah bisa terbebasnya Bank Sumut dari kepentingan politik seperti yang juga diinginkan Gubernur Sumut," terangnya.

Ia menuturkan, IPO juga membuat beban pengawasan Pemerintah Provinsi Sumut sebagai pemegang saham pengendali berkurang karena setelah IPO maka pengawasan juga dilakukan masyarakat sebagai pemegang saham.

"Untuk tahap awal IPO tidak perlu besar, tetapi jika bisa di atas 40 persen dilepas akan bagus," tuturnya.

Wakil Menteri Keuangan, Prof Dr Mardiasmo yang juga menjadi pembicara di acara tersebut menegaskan bahwa IPO memang bagus bagi BPD seperti Bank Sumut, karena selain meningkatkan kinerja, juga bisa menggerakkan perekonomian masyarakat Sumut.

"Kementerian Keuangan juga siap membantu Bank Sumut untuk bisa IPO," terangnya.

Ia menjelaskan, pembangunan ekonomi nasional tidak hanya menggantungkan pada pemerintah pusat saja namun juga memerlukan sinergi dengan pemerintah daerah.

"Karena itu BPD di daerah harus dilihat peran pentingnya terutama dalam lending untuk kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajeksah, mengatakan, tertarik dengan usulan IPO Bank Sumut dan akan pelajari lagi dan akan meminta bantuan untuk proses IPO Bank Sumut.

"Kalau bisa dalam dua tahun ke depan Bank Sumut sudah IPO. Yang pasti menginginkan Bank Sumut semakin bertumbuh baik dengan cara terbaik agar masyarakat juga merasakan manfaat Bank Sumut," katanya.(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Ismail
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved