Puluhan CPNS di Karo Mulai Menyerahkan Berkas Pengusulan Penerbitan NIP

Berkas dari para pelamar nantinya akan ditujukan sebagai dara untuk pengusulan penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Puluhan CPNS di Karo Mulai Menyerahkan Berkas Pengusulan Penerbitan NIP
TRIBUN MEDAN/M NASRUL
Para peserta yang dinyatakan lulus sesuai integrasi hasil SKD dan SKB CPNS 2018 di lingkungan Pemkab Karo, mulai menyerahkan berkas untuk pengusulan penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP), di ruang BKD, Jalan Jamin Ginting, Kabanjahe, Selasa (15/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Muhammad Nasrul

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Dalam masa penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, diketahui peserta yang dinyatakan lulus hingga saat ini sebanyak 318 orang.

Menurut keterangan dari Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Karo Teopilus Tarigan, para peserta yang lulus sesuai integrasi hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) yang digelar sebelumnya.

Teopilus mengungkapkan, selanjutnya para lulusan diwajibkan untuk kembali menyerah berkas diri. Teo menjelaskan, berkas dari para pelamar nantinya akan ditujukan sebagai dara untuk pengusulan penerbitan Nomor Induk Pegawai (NIP).

"Sesuai dengan tahapannya, kali ini peserta harus menyerahkan berkas untuk pengusulan penerbitan NIP, mulai dari tanggal 14 kemarin," ujar Teopilus, Selasa (15/1/2019).

Amatan www.tribun-medan.com, tampak puluhan lulusan CPNS memadati seputar ruang BKD yang terletak di sebelah kanan pintu masuk Kantor Bupati Karo itu. Selain di dalam ruangan, kesibukan juga terlihat di depan ruang BKD. Peserta yang memakai setelan hitam putih itu, terlihat sibuk merapihkan berkas yang dibawanya.

Diketahui, jadwal untuk penyerahan berkas ini dimulai dari tanggal 14 hingga 18 Januari 2019. Teo mengungkapkan, hingga saat ini peserta yang sudah menyampaikan 146 peserta yang telah menyerahkan berkas ke BKD.

"Namun total peserta yang datang untuk berkonsultasi mengenai pemberkasan ini, kemungkinan sudah mencapai 60 persen," ucapnya.

Teopilus mengungkapkan, syarat yang harus dipenuhi oleh para pelamar untuk melengkapi berkas sebanyak 14 item. Antara lain, surat lamaran, daftar riwayat hidup, pas foto, surat pernyataan penempatan dari indtansi yang dituju, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan lainnya.

"Bagi para peserta yang lulus, bisa melihat apa saja syaratnya di Website kita, selain itu agar lebih jelas bisa langsung datang ke ruang BKD, karena peserta bisa langsung berkonsultasi dengan petugas yang telah kita tunjuk," katanya.

Meskipun sudah dinyatakan lulus di beberapa seleksi, namun para peserta harus mengikuti proses hingga ke tahap akhir yaitu penetapan pengangkatan. Teo menjelaskan, proses pemberkasan kali ini merupakan bagian dari seleksi.

"Sesuai dengan pengumuman kita, bagi peserta yang tidak memenuhi ketentuan kriteria yang diminta oleh BKN, dapat dinyatakan gugur. Singkatnya, proses seleksi selesai pada saat peserta sudah mendapatkan NIPnya," ungkapnya.

Teopilus mengungkapkan, sesuai dengan arahan dari BKN, penetapan NIP bagi CPNS yang lulus kemungkinan akan diumumkan sekitar pekan kedua Bulan Februari mendatang.

(cr4/tribun-medan.com) 

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved