Jelang Pemilu 2019, Ini Instruksi Kapolda kepada Kapolres Dairi

Saya ingatkan kepada kapolres untuk terus mendekatkan diri ke masyarakat. Pencegahan itu paling penting.

Jelang Pemilu 2019, Ini Instruksi Kapolda kepada Kapolres Dairi
TRIBUN MEDAN/MUSTAQIM INDRA JAYA
Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto menyampaikan sambutan dalam kegiatan temu ramah dengan sejumlah tokoh dan masyarakat di Pusat Pasar Sidikalang pada Jumat (18/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Mustaqim Indra Jaya

TRIBUN-MEDAN.com, SIDIKALANG - Jelang menghadapi pesta demokrasi nasional yaitu Pemilu 17 April 2019, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto pun gencar memberikan arahan kepada jajarannya, termasuk kepada Polres Dairi.

Arahan disampaikan Agus disela-sela melakukan temu ramah dengan tokoh dan masyarakat di Pusat Pasar Sidikalang pada Jumat (18/1/2019).

Agus mengistruksikan Kapolres Dairi AKBP Erwin Wijaya Siahaan untuk lebih sering turun ke masyarakat.

Sehingga ketika terjadi suatu permasalahan, polisi bisa menjadi mediator mengetahui solusi terbaik demi menjaga kekodusifan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Saya ingatkan kepada kapolres untuk terus mendekatkan diri ke masyarakat. Pencegahan itu paling penting. Kalau bisa sedini mungkin permasalahan yang ada dimasyarakat bisa diselesaikan," kata Agus, Jumat.

Bahkan Agus menyarankan agar polisi di Kabupaten Dairi menggandeng tokoh adat demi menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Ia menegaskan jangan sampai momentum pemilu kali ini justru membuat masyarakat menjadi terpecah belah.

Menurutnya perbedaan pilihan politik merupakan suatu hal yang wajar, namun bukan harus terjadi pengkotak-kotakan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

"Kalau bisa kearifan lokal harus dioptimalkan, sehingga bisa meredam konflik dimasyarakat," sebutnya.

Selain itu, Agus pun meminta kepada Kapolres Dairi untuk mengawasi dana bantuan sosial dari pemerintah pusat. Sebab, pada tahun ini alokasi bantuan sosial meningkat menjadi Rp 54 triliun dibandingkan tahun sebelumnya.

Ia menginstruksikan segera tindak apabila ada penyelewengan dalam proses penyaluran dana bantuan sosial tersebut di Kabupaten Dairi.

"Harapannya dana dari kementerian sosial seperti PKH dan bantuan sosial lainnya sampai kesasaran yang benar. Polres harus awasi, lakukan validasi dan update data masyarakat yang berhak dapat. Mudah mudahan tersalurkan ke orang-orang yang berhak. Bila ada temuan, segera proses secara hukum," tegasnya.

(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved