Rapidin Simbolon Minta Inalum Terlibat Penyelamatan Danau Toba

Oggy Achmad Kosasi menuturkan maksud kedatangan mereka yakni bersilaturahmi dan bersinergi.

Rapidin Simbolon Minta Inalum Terlibat Penyelamatan Danau Toba
TRIBUN MEDAN/HO
Rapidin Simbolon menerina kunjungan Direktur Pelaksana PT Inalum, Oggy Achmad Kosasi saat berkunjung Rumah Dinas Bupati Samosir, Jumat (18/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Sebagai penyumbang air sebagai sumber energi penggerak mesin turbin PLTA dan aluminium, buati Samosir menganjurkan PT Inalum terlibat penyelamatan Danau Toba.

Pesan tersebut disampaikan Rapidin kepada Plt Direktur Pelaksana PT Inalum, Oggy Achmad Kosasih saat berkunjung Rumah Dinas Bupati Samosir, Jumat (18/1/2019).

Direktur Pelaksana PT Inalum, Oggy Achmad Kosasi menuturkan maksud kedatangan mereka yakni bersilaturahmi dan bersinergi dalam pengembangan masyarakat melalui CSR di Kabupaten Samosir.

"Mudah-mudahan dengan sinergi yang bisa dilaksanakan dapat menyejahterakan masyarakat dan Inalum akan selalu berkontribusi," katanya.

Menerima kunjungan tersebut, Rapidin menyampaikan PT Inalum terlibat dalam penyelamaatan Kawasan Danau Toba. Dan juga, mendorong peningkatan pefekonomian Masyarakat, khususnya Samosir.

"PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) agar memberikan perhatian serius untuk keselamatan lingkungan hidup kawasan Danau Toba",ujar Rapidin.

Kata Rapidin, dalam penyaluran CSR Inalum agar berkoordinasi dengan Pemkab Samosir demi hasil maksimal. Apalagi, dalam penyaluran CSR ke kawasan Kabupaten Samosir Inalum dianggap lebih besar dibandingkan dengan daerah lainnya.

Rapidin juga memyinggung soal pembagian Pajak Air Permukaan (PAP) Danau Toba lebih proporsional sesuai dengan UU Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Dalam aturan itu disebutkan pajak APU adalah Pemprov Sumut, yang kemudian dibagi kepada 10 kabupaten/kota namun tidak adil bagi Samosir.

Katanya,dana bagi hasil pajak APU harus dapat direalisasikan 2019, sehingga dapat dimanfaatkan mendukung pembiayaan pembangunan di kawasan Danau Toba. Mdnurut Rapidin, dalam perhitungan pajak APU sebaiknya Inalum mengikutsertakan pemerintah kabupaten/kota se-Kawasan Danau Toba.

Pada pertemuan itu, PT Inalum memberikan dana Rp 200 juta kepada Kabupaten Samosir. Namun, kata Bupati Samosir, Rapidin Simbolon mengatakan, masih kauh dari dana CSR yang diajukan. Sebab, untuk Geopark Sigulatti sudah sejak lama diusulkan dengan besaran Rp1,5 miliar, namun hanya direalisasikan Rp 200 juta.

"Jadi belum terealisasi sepenuhnya dan selalu ditunggu tunggu untuk pemenuhan fasilitas pusat informasi Geopark Sigulatti. Dalam penyaluran CSR di Kabupaten Samosir harus dengan pemberitahuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir sehingga dapat disinkronisasikan dengan rencana pembangunan",sebutnya.

Oggy Achmad Kosasi, Direktur Pelaksana PT Inalum mengaku akan menyelesaikan persoalan itu. Oggy langsung menyerahkan CSR 2018-2019 kepada penerima manfaat melalui Bupati Samosir yang selanjutnyabakan diserahkan kepada masing-masing penerima.

Adapun bantuan yang diserahkan, penanaman pohon seluas 20 hektare, rehabilitasi lahan kritis 30 hektare, mobiler SMP 500 set meja kursi, upgrade taman bacaan masyarakat. Lalu, di Desa Simbolon Purba, Kecamatan Palipi diberi tabung hujan di daerah sulit air bersih.

(Jun-tribunmedan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved