Home Industry Korsleting Listrik, Enam Unit Rumah Ludes Terbakar

Dari pabrik (home industry) pembuatan kue tadi apinya pertama kali ini. Karena gempet semua rumahnya makanya cepat kali habis rumah-rumah lainnya.

Home Industry Korsleting Listrik, Enam Unit Rumah Ludes Terbakar
TRIBUN MEDAN/INDRA GUNAWAN SIPAHUTAR
Asap mengepul setelah melahap home industry dan rumah warga di Kelurahan Lubukpakam Pekan, Kecamatan Lubukpakam, Kabupaten Deliserdang, Minggu (20/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Indra Gunawan Sipahutar

TRIBUN-MEDAN.com,LUBUKPAKAM - Enam unit rumah di area pemukiman padat penduduk di Gang Budiman Kelurahan Lubukpakam Pekan Kecamatan Lubukpakam, Deliserdang ludes terbakar Minggu, (20/1/2019).

Seluruh unit rumah merupakan milik warga keturunan Tionghoa yang lokasinya berdempetan dengan tempat usaha home industri pembuatan roti. Informasi yang dikumpulkan di lokasi, api pertama kali muncul sekitar pukul 14.30 WIB di tempat usaha home industri yang merupakan milik Suwandi alias Ahwat.

Saat api masih melahap home industri itu , warga sekitar turut membantu para korban mengeluarkan satu persatu barang-barang yang ada di dalam rumah. Para pemilik rumah khususnya yang wanita menangis menyaksikan rumahnya habis terbakar. Karena rumah berada di dalam gang-gang sempit warga pun langsung menjauh begitu api kian membesar.

"Dari pabrik (home industry) pembuatan kue tadi apinya pertama kali ini. Karena gempet semua rumahnya makanya cepat kali habis rumah-rumah lainnya,"ujar Ariadi warga sekitar.

Camat Lubukpakam, Khairul Azman Harahap sempat turun memantau situasi. Saat itu ia pun memutuskan kepada anggotanya untuk mendirikan posko di sekitar lokasi. Ia menyerahkan kepada pihak kepolisian untuk menyelidiki kasus kebakaran ini.

"Katanya seperti itu juga memang api pertama kali muncul dari tempat usaha Suwandi itu. Informasi sementara katanya karena korsleting listrik tapi polisi lah nanti yang tau itu. Sekarang kita langsung dirikan posko dulu lah. Ada dua posko rencananya yang mau kita buat. Total ada 6 bangunan yang terbakar dengan lima orang pemilik,"ujar Khairul.

Ia menjelaskan meski usaha Suwandi itu masih home industri namun di dalamnya ada tiga kegiatan usaha yang ia jalani. Selain pembuatan roti juga ada pembuatan permen dan limun. Sekitar pukul 17.00 WIB api baru berhasil dijinakkan oleh tim pemadam kebakaran Pemkab Deliserdang.

Tim pemadam sempat kesusahan mendekati lokasi kebakaran karena sempitnya gang dan banyaknya warga yang berduyun-duyun memadati area kebakaran. Selain tim pemadam kebakaran, Satpol PP Deliserdang juga sempat turun membantu memadamkan api. Hal yang sama juga diikuti oleh pihak PLN yang sempat memadamkan aliran listrik di sekitar lokasi.

Kapolsek Lubukpakam, AKP Gudo yang dikonfirmasi wartawan mengatakan kalau pihaknya masih menyelidiki kasus kebakaran ini. " Tapi dugaan sementara akibat korsleting listrik dari tempat usaha itu. Enggak ada korban jiwa,"kata Gudo.

(dra/tribun-medan.com)

Penulis: Indra Gunawan
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved