Kebijakan Urun Biaya Meresahkan Masyarakat, Ini Penjelasan dari BPJS Kesehatan Cabang Medan

Besaran uang yang dibayarkan, mulai dari Rp10 ribu hingga Rp350 ribu untuk rawat jalan.

Kebijakan Urun Biaya Meresahkan Masyarakat, Ini Penjelasan dari BPJS Kesehatan Cabang Medan
TRIBUN MEDAN/DOHU LASE
Warga mengurus berkas-berkas terkait kepesertaan BPJS Kesehatan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Medan, Senin (21/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dohu Lase

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Kemenkes RI belum lama ini membuat kebijakan baru soal pelaksanaan program BPJS Kesehatan. Kebijakan tersebut tertuang dalam Permenkes RI Nomor 51 Tahun 2018.

Kebijakan ini mengatur tentang urun biaya dan selisih biaya. Pada intinya, menurut aturan ini, layanan BPJS Kesehatan tak lagi benar-benar gratis.

Peserta BPJS Kesehatan harus membayar sejumlah uang apabila ingin menikmati layanan.

Besaran uang yang dibayarkan, mulai dari Rp10 ribu hingga Rp350 ribu untuk rawat jalan. Untuk rawat inap, sebesar 10 persen dari total biaya rawat peserta.

Kendati aturan ini belum berlaku, tak sedikit masyarakat yang was-was mendengar kabarnya. Di Medan, sejumlah warga mengaku keberatan, sebab biaya berobat mahal.

"Kurang setuju lah. Kasihan orang susah. Gara-gara itu berarti tunggu agak parah dulu penyakit, barulah berobat," ujar Rahmat Lubis (60), warga Jalan Turi, Medan.

"Saya setiap minggu cuci darah, karena ada batu di ginjal saya. Kalau bukan karena BPJS, saya mana bisa berobat. Kerja saya cuma penjual udang," ujar Risman Batubara (35), warga Perumnas Mandala, Medan.

Rahmat dan Risman adalah dua pasien RSUD Dr Pirngadi Medan yang ditemui Tribun Medan di ruang rawat Asoka lantai dua, Senin (21/1/2019). Keduanya mengaku peserta JKN-KIS kategori mandiri kelas 3.

Di tempat lain pun semua warga yang ditemui menyatakan keberatan dengan aturan baru tersebut.

Halaman
123
Penulis: Dohu Lase
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved