Jalan Menuju Destinasi Pariwisata Pantai Pasifik Porsea 'Kupak Kapik'

Kerusakan badan jalan sudah berkisar empat tahun, namun Pemerintah Kabupaten Tobasa melalui dinas terkait, belum juga melakukan perbaikan jalan.

Jalan Menuju Destinasi Pariwisata Pantai Pasifik Porsea 'Kupak Kapik'
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Jalan menuju obejek wisata Pantai Pasifik Porsea, di Desa Patane IV, Kecamatan Porsea, Kabupaten Tobasa, rusak parah, Rabu (23/1/2019). 

Laporan Wartawan Tribin Medan/Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, TOBASA - Masyarakat Desa Lumban Manurung, Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), meminta perbaikan jalan aspal menuju obejek wisata Pantai Pasifik Porsea. Alasannya, badan jalan terkelupas dan dipenuhi lobang-lobang.

“Kerusakan badan jalan sudah berkisar empat tahun, namun Pemerintah Kabupaten Tobasa melalui dinas terkait, belum juga melakukan perbaikan jalan. Ratusan meter aspal jalan banyak yang terkelupas dan dipenuhi lobang,” kata salah satu warga Desa Lumban Manurung, Jemba Manurung, Rabu (23/1/2019).

Manurung menyebutkan, seharusnya memprioritaskan akses jalan menuju obejk wisata, dalam mendukung pengembangan destinasi pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba Kabupaten Toba Samosir (Tobasa). Padahal, Kawasan Danau Toba yang telah menjadi prioritas KSPN setelah ditetapkan PERPRES No 49 tahun 2016.

Menurutnya, keseriusan pemeirntah pusat dalam pengembangan kawasan wisata Danau Toba, harus disambut oleh pemerintah daerah. Kata Manurung, masih banyak objek wisata Danau Toba di Kabupaten Tobasa, yang masih kurang penataan, dan minim perhatian dari pemerintah daerah. Oleh karena itu, Ia meminta keseriusan pemerintah dalam perbaikan akses jalan menuju Pantai Pasifik Porsea.

Sementara Camat Porsea, Robert Manurung dikonfirmasi mengatakan, sudah mengajukan perbaikan jalan hotmix menuju obejek wisata Pantai Pasifik, pada tahun 2018 yang lalu. Namun, apabila perbaikan jalan belum ditampung pada APBD Tahun 2019, Robert akan mengajukan kembali pada musrembang kecamatan pada Maret 2019.

“Sudah kita ajukan perbaikan jalan hotmix menuju Pantai Pasifik Porsea. Pada Maret 2019, akan saya tanyakan apakah ditampung pada APBD 2019. Kalau tidak ditampung, kita usulkan lagi pada PAPBD 2019,” terangnya.

(Jun-tribunmedan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved