Komunitas Ini 'Bangunkan' Pemerintah hingga Jual Foto untuk Desa Minim Sarana Pendidikan

Tidak haya infrastruktur penerangan listrik yang minim, akses jalan menuju desa tersebut juga belum terbuka.

Komunitas Ini 'Bangunkan' Pemerintah hingga Jual Foto untuk Desa Minim Sarana Pendidikan
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Sekda Kabupaten Samosir, Jabiat Sagala menerima kunjungan Komunitas Anak Tao. 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Arjuna Bakkara

TRIBUN-MEDAN.COM, SAMOSIR - Sejumlah Kawasan di Pinggiran Danau Toba masih ada yang ditinggalkan, dan belum menikmati kemerdekaan layaknya daerah lain di negeri ini.

Hal itu ditemui di suatu tempat berlokasi di Tepi Danau Toba, tepatnya Desa Hasinggaan, Kecamatan Sianjurmula-mula, Kabupaten Samosir, Rabu (22/1/2019).

Amatan Tribun, bahkan dua desa masih ada yang belum menikmati listrik negara. Padahal, air yang digunakan menggerakkan turbin raksasa di Sigura-gura untuk memasok listrik ke sebagian besar wilayah di Sumatera Utara adalah Air Danau Toba sendiri.

Tidak haya infrastruktur penerangan listrik yang minim, akses jalan menuju desa tersebut juga belum terbuka.

Akibatnya, untuk berbagai keperluan, khususnya berkaitan pendidikan, warga kesulitan keluar atau kembali ke Desa tersebut.

Persoalan itu terlihat ketika anak-anak hendak ke sekolah dan juga petani memasarkan hasil buminya ke pusat kota di Pangururan. Satu-satunya jalur yang bisa mereka tempuh yaitu transportasi air, menumpang perahu agar dapat tiba di Pangururan.

"Mau tak mau, hanya satu pilihan yakni dengan akses transportasi air",ujar boru Sinaga, Warga setempat.

Katanya, kurang lebih membutuhkam waktu 1 jam penyeberangan. Kapal-kapal penyeberangan jugabtidak setiap saat melayani trip. Bila warga ingin beergian, tentu harus rela menunggu hingga jam keberangkatan bahkan, jika tertinggal oleh kapal, maka mereka harus membayar mahal agar diantar ke tujuan.

Melihat kondisi tersebut, sekelompok pemuda tergerak hatinya untuk membantu warga Haainggaan keluar dari perangkap penderitaan yang telah lama berlangsung. Sejumlah kegiatan digelar oleh komunitas yang diisi 6 pemuda asal Danau Toba yang sengaja pulang kampung.

Halaman
12
Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved