Kapolres Enggan Ungkap Progres Kasus Dugaan Korupsi Pemko Siantar, Ini Kata Pengamat Hukum

Kalau nama saja pun dirahasikan, kan tidak terbuka informasi. Karena itu ini kan bukan informasi rahasia jadi perlu diperoleh wartawan.

Kapolres Enggan Ungkap Progres Kasus Dugaan Korupsi Pemko Siantar, Ini Kata Pengamat Hukum
TRIBUN MEDAN/TOMMY SIMATUPANG
Kapolres Pematangsiantar AKBP Heribertus Ompusunggu saat ditemui di Jalan Merdeka, Rabu (22/1/2019). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Pengamat Hukum dari Universitas Muhamadiyah Sumatera Utara (UMSU) Abdul Hakim menilai kasus korupsi merupakan satu kejahatan yang luar biasa.

Ia mengatakan kepolisian dapat memberitahu sedikit informasi tentang perkembangan penyelidikan.

"Kalau nama saja pun dirahasikan, kan tidak terbuka informasi. Karena itu ini kan bukan informasi rahasia jadi perlu diperoleh wartawan,"ujarnya, Kamis (24/1/2019).

Dosen Hukum ini juga menilai terkadang kepolisian cepat mengungkapkan perkembangan penyelidikan pada kasus tertentu. Ia berharap kepolisian jangan terlalu tunduk pada kepentingan atau pun status sosial.

"Lebih dari itu kadang mereka ekspos. Saya sejak dulu keberatan ini kan kejahatan luar biasa termasuk korupsi. justru itu menurut saya, jangan lihat dengan status sosialnya. Jangan tunduk pada kepentingan saja. tetapi hak masyarakat memeroleh informasi tidak ada,"ujarnya.

Namun, ia juga mengharapkan wartawan harus menghargainkode etik hukum dalam proses penyelidikan. Ia menilai ini merupakan bentuk dari benturan profesionalisme antara polisi dan wartawan.

"Ini pertarungan kode etik dan profesionalisme. Karena mereka harus berlindung,"ujarnya.

Abdul Hakim mengatakan jika memang sudah masuk dalam tahap pemanggilan perlu keterbukaan informasi dengan mengungkapkam yang sekedarnya.

"Saya selalu tidak setuju jika kasus kejahatan luar biasa seperti ini terlalu ditutupi,"pungkasnya.

Seperti, Kapolres Pematangsiantar AKBP Heribertus Ompusunggu enggan membeberkan tentang pemeriksaan tiga kepala dinas yang memiliki dugaan korupsi di Pemko Siantar ke Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Siantar.

Halaman
12
Penulis: Tommy Simatupang
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved