298 PNS Terlibat Korupsi di Sumut Kena Sanksi Pencopotan, KPK Menilai Lambat

Pemerintah Pusat dan Pemprov tengah mengupayakan memecat seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang terlibat kasus korupsi.

298 PNS Terlibat Korupsi di Sumut Kena Sanksi Pencopotan, KPK Menilai Lambat
www.tribunnews.com
Ilustrasi seragam PNS. 

MEDAN, TRIBUN - Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) tengah mengupayakan memecat seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS), yang terlibat kasus korupsi.

Kepala Biro (Karo) Humas Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), Mudzakir menyampaikan, saat ini 891 PNS seluruh Indonesia yang terlibat korupsi sudah dipecat.

"Sudah ada 891 yang sudah dipecat," kata Karo Humas Kemenpan-RB Mudzakir, kepada Tribun Medan, Selasa (29/1) melalui sambungan telepon genggam.

Secara keseluruhan, 2.357 PNS terjerat kasus korupsi di seluruh Indonesia. Berdasar data Badan Kepegawaian Negara (BKN), PNS paling banyak menyelewengkan uang negara berkeja di wilayah Sumut.

Kemendagri, Kementerianpan-RB dan BKN telah bersepakat mengenakan sanksi pemberhentian dengan tidak hormat (PDTH) bagi PNS yang terlibat korupsi dan sudah mempunyai putusan hukum tetap (inkrah). Di antara 298 PNS tersebut 33 orang bekerja di lingkungan pemerintah Sumut.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sumut Kaiman Turnip mengatakan, masih sama dengan sebelumnya, 25 PNS diberhentikan, karena sudah ada putusan inkrah dari pengadilan.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumut Kaiman Turnip, Rabu (17/10/2018).(Satia)
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sumut Kaiman Turnip, Rabu (17/10/2018).(Satia) ()

Menurutnya, 33 PNS, yang sebelumnya ditetapkan Pemerintah Pusat harus dipecat, akan terus bertambah. Sebab, Pemprov Sumut akan terus meminta surat atau salinan persidangan para PNS, yang terjerat dugaan korupsi atau penyelewengan jabatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) Medan Baginda Siregar memastikan 11 PNS Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang pernah terlibat korupsi telah dipecat.

Saat dikonfirmasi, ia membenarkan pemecatan secara tidak hormat terhadap 11 PNS mantan narapidana korupsi tersebut. Pemko Medan memecat mereka setelah menerima salinan putusan perkara dari pengadilan.

"Iya sudah (dipecat). SK (surat keputusan) sudah kita serahkan ke masing-masing PNS. (Pemecatan) sudah sebulan lalu, terhitung sejak awal bulan," katanya saat dikonfirmasi, Selasa.

Halaman
1234
Editor: Liston Damanik
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved