Bina Marga Sumut Biarkan Banyak Ruas Jalan Rusak

“Sebaiknya Dinas PU berupayalah menangani dan antisipasi putusnya akses jalan ini,” ungkap Marusaha.

Bina Marga Sumut Biarkan Banyak Ruas Jalan Rusak
TRIBUN MEDAN/ARJUNA BAKKARA
Jalan nyaris putus tepatnya di Jembatan Hite Tano, Kecamatan Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara, Jumat (1/2/2019). 

TRIBUN-MEDAN.COM, TAPUT-Ruas jalan kian hari mengalami kerusakan parah seperti badan jalan di sekitaran Jembatan Hite Tano, Kecamatan Sipahutar, Kabupatem Tapanuli Utara, Jumat (1/2/2019). Kerusakan pun semakin melebar.

Karennya, Marusaha Manullang (39) warga Sipahutar, pengemudi kenderaan roda enam  mendesak Bina Marga Provinsi Sumatera Utara memperbaiki kondisi jalan.

“Sebaiknya Dinas PU berupayalah menangani dan antisipasi putusnya akses jalan ini,” ungkap Marusaha, Jumat (1/2/2019).

Terpantau, di lokasi, kondisi lapisan tanah dibawah aspal hotmix yang rusak mulai terdapat lubang ke arah poros jalan.

Kondisi itu berpotensi dan akan memperparah retakan aspal hotmix yang dikhawatirkan berakibat serta berdampak putusnya jalan tersebut. 

Menurutnya, selain di lokasi tersebut, sejumlah  Akses jalan yang merupakan ruas dibawah tanggung jawab Dinas Bina Marga Provinsi Sumatera Utara juga banyak rusak. Tentu, hal itu membahayakan pengguna akses jalan Provinsi tersebut menuju Tarutung dan Kecamatan Sipahutar.

Ir Anggiat Rajaguguk MM kepala dinas PUPR Tapanuli Utara saat dikonfirmasi menyatakan kerusakan jalan sudah dilapor dengan menyurati Dinas Bina Marga Provsu.

“Semoga cepat terjawab pihak Provsu sebab surat laporan kerusakan telah kita layangkan,” kata Anggiat Rajagukguk menjawab.

Hal serupa dinyatakan anggota DPRD Provsu daerah pemilihan kabupaten Tapanuli Utara, Juliski Simorangkir MM, menyikapi wawancara via telepon seluler.

“Dinas Bina Marga Provsu agar segera memperbaiki jembatan Hite Tano yg rusak karena mengancam keselamatan masyarakat. Kita sudah ke lokàsi, dan jangan sampai terjadi korban baru dilakukan perbaikan,” ujarnya Jumat (1/2/2019).

Dia mengaku sudah mendesak jajaran Dinas Bina Marga agar segera memanfaatkan dana taktis penanggulangan hal-hal darurat.

“Antisipasi kerusakan lebih parah saya minta agar dinas terkait manfaatkan dana TT yang diposkan di Dinas Bina Marga,” ujarnya.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Dinas Bina Marga Provsu di Tarutung menyatakan dana perbaikan sudah tertampung dan sudah tahapan survey dan segera akan ditayang di LPSE Provsu.

“Anggaran sudah ditampung dan diposkan di Bina Marga, tahap survey dan segera dilelang”, jawab Sidabutar via telepon selulernya.

(jun/Tribun-Medan.com)

Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved