Telkomsel Dukung Digitalisasi Desa Simanindo

Mengawali awal tahun ini, salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel yaitu Baktiku Negeriku

Telkomsel Dukung Digitalisasi Desa Simanindo
Dok Telkomsel
Employee Voluntarism Program (EVP) dalam program Baktiku Negeriku 2019 sedang membantu masyarakat desa Simanindo dalam menganyam tikar pandan sebagai satu komoditi potensial desa setempat. 

TRIBUN-MEDAN.com - Mengawali awal tahun ini, salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel yaitu Baktiku Negeriku ingin membangun masyarakat pedesaaan di berbagai daerah terpelosok di Indonesia lewat Teknologi, Pemberdayaan Masyarakat serta Pendidikan.

Telkomsel turut serta menurunkan karyawannya untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam kegiatan pembangunan masyarakat desa melalui program Employee Volunteering Program di Desa Simanindo, Samosir. 

Dalam program Baktiku Negeriku tersebut, seluruh relawan ikut kerja sukarela menularkan semangat gerakan peduli lingkungan (Green Movement). 

“Program lain yang dilaksanakan yakni memberikan pelatihan bagi seluruh masyarakat setempat mengenai entrepreneurship, pemasaran digital dan literasi keuangan melalui pemanfaatan aplikasi Baktiku Negeriku,” ujar General Manager Sales Regional Sumbagut Telkomsel, Agus Sumirat, Jumat (1/2/2019).

Ia menjelaskan, Telkomsel juga ikut mendorong digitalisasi desa setempat dengan membangun fasilitas Digital Center berisi perangkat komputer dan akses internet. 

“Harapannya Digital Center tersebut dapat dimaanfaatkan oleh masyarakat untuk mengakses informasi bagi kemajuan desa setempat,” jelasnya.

Ia menerangkan, sebagai perusahaan yang beroperasi dekat dengan masyarakat, Telkomsel ingin memberikan manfaat lebih bagi lingkungannya. 

“Lewat program Baktiku Negeriku ini, kami berharap dapat menjalin hubungan yang lebih erat dengan masyarakat tidak hanya dalam pemanfaatan layanan Telekomunikasi, namun juga berkontribusi dalam mendukung terciptanya ekosistem digital desa untuk membangun potensi-potensi ekonomi desa setempat,” terangnya.

Ia menuturkan, fase pertama dari program tersebut telah dituntaskan di delapan titik yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahun 2017 lalu. 

“Gelaran fase kedua berlanjut lagi pada akhir tahun 2018 dimulai dari Desa Gambung Ciwidey, kemudian berpindah ke Lembang-Bandung pada awal tahun 2019 dan berlanjut ke wilayah agrowisata desa Salem di Purwakarta dan untuk wilayah Sumatera, Desa Simanindo menjadi lokasi pertama diimplementasikannya program Baktiku Negeriku tahun 2019, dan akan dilanjutkan di Sawah Lunto, Sumatera Barat,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, berbagai  potensi menarik dari Desa Simanindo seperti sektor pertanian untuk komoditas Jagung dan Bawang, wisata desa berupa ritual adat Sidabalok serta kerajinan tangan anyaman daun pandan dan cobek batu menjadi alasan dilaksanakan program Baktiku Negeriku di desa tersebut.

“Sebagai tindak lanjut potensi tersebut, dilaksanakan pula workshop khusus bagi masyarakat untuk lebih melatih kemampuan para masyarakat desa dalam mengembangkan potensi tersebut sekaligus memasarkannya ke pasar yang lebih luas melalui apikasi Baktiku Negeriku,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan program CSR Telkomsel Baktiku Negeriku tersebut, Telkomsel berharap dapat tercipta berbagai potensi ekonomi desa yang lebih baik, terlebih melalui pemanfaat teknologi digital Digital Center dan aplikasi Baktiku Negeriku yang dipersembahkan oleh Telkomsel

“Terlebih kepada masyarakat desa Simanindo, diharapkan semakin cerdas dalam mengolah berbagai sumber daya lokal setempat untuk dapat dipasarkan secara luas untuk membantu perekonomian desa Simanindo,” katanya.

(pra/tribun-medan.com)

Penulis: Ayu Prasandi
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved