STOK Binaguna Medan Kembangkan Cabang Olahraga, Bina Mahasiswa Berprestasi

STOK Binaguna Medan saat ini memfokuskan untuk mengembangkan sejumlah cabang olahraga

STOK Binaguna Medan Kembangkan Cabang Olahraga, Bina Mahasiswa Berprestasi
TRIBUN MEDAN/CHANDRA SIMARMATA
Ketua Yayasan Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Binaguna Medan Bobby Indra 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Binaguna Medan saat ini memfokuskan untuk mengembangkan sejumlah cabang olahraga (Cabor) bagi mahasiswanya agar bisa menorehkan prestasi di sejumlah even tingkat provinsi maupun nasional.

Ketua Yayasan STOK Binaguna Medan Bobby Indra mengatakan saat ini ada beberapa Cabor yang sedang giat dikembangkan, antara lain Petanque, Futsal, Gateball, dan Wushu.

"Di STOK Bina saat ini itu kami fokus di bidang olahraga terutama Petanque, Gateball, dan futsal. Masih fokus tiga. Sedangkan pengembangan yang lain yang sedang dicoba panahan, Wushu juga ada, sudah ada atlet kami dari Wushu," ujarnya kepada Tribun Medan, Minggu (3/2/2019).

Bobby juga mengatakan, khusus untuk olahraga Petanque, mahasiswa STOK Binaguna yang membawa nama kampusnya maupun Sumatera Utara telah berhasil menorehkan sejumlah prestasi. 

Beberapa prestasi tersebut diantaranya diraih saat event Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) dan Pekan Olahraga Nasional (PON).

"Kalau (atlet kita) Petanque sudah dapat 2 medali perak dan 2 perunggu event tingkat mahasiswa yaitu Pomnas di Makasar, Sulawesi Selatan tahun 2017. Di PON 2016 juga dapat perunggu," ungkapnya.

Lebih lanjut kata Bobby, STOK Binaguna Medan yang kini telah terakreditasi B dari Kemenristekdikti, berencana terus melakukan pembinaan terhadap mahasiswa agar dapat lahir atlet-atlet baru yang berkualitas.

Selain itu, Pihaknya juga menargetkan, mahasiswa STOK Binaguna yang menjadi atlet cabor Petanque Sumut mampu menyumbangkan medali emas di PON Papua tahun depan. Karena itu para atlet juga terus dilakukan pembinaan baik untuk nomor perorangan maupun beregu.

"Kami Targetkan untuk PON 2020 target emas. Olahraga (Petanque) ini asalnya dari Perancis, mungkin masih asing di lingkungan peminat olahraga. Kebetulan Petanque juga sederhana, gampang, tidak banyak makan kekuatan fisik, makanya untuk umur 40 an masih bisa. Saat diperkenalkan itu datang langsung dari Perancis itu, mensosialisasikan caranya," kata Bobby.

Gelar Event Fustal

Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Binaguna Medan akan menggelar turnamen futsal tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se Medan pada Bulan Februari.

Event tersebut, kata Bobby digelar sekaligus dalam perayaan ulang tahun Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan Binaguna Medan tahun ini. Terkait persiapan, pihaknya pun sudah menyebar undangan ke tiap sekolah dan telah melakukan perbaikan sarana maupun prasarana yang akan digunakan untuk pertandingan tersebut.

"Akan kami undang SMA-SMA di Medan. Ini juga sudah acara tahunan. Undangan sudah kami sebar, lapangan juga sudah kami diperbaiki," tandasnya.

(Cr11/Tribun-medan.com)

Penulis: Chandra Simarmata
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved