Perut Buncit akibat Kebanyakan Minum Alkohol, Begini Cara Mangatasinya

26 persen pria di Inggris mengalami kelebihan berat badan, dan dalam banyak kasus, penyebab kegemukan tersebut adalah simpanan lemak visceral di perut

Perut Buncit akibat Kebanyakan Minum Alkohol, Begini Cara Mangatasinya
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUN-MEDAN.com-Salah satu penyebab perut menjadi buncit pada pria adalah kebiasaan mengonsumsi minuman alkohol. Kondisi yang juga dikenal sebagai beer belly ini bisa meningkatkan risiko obesitas.

Dilansir dari Men’s Health UK, 26 persen pria di Ingrris mengalami kelebihan berat badan, dan dalam banyak kasus, penyebab kegemukan tersebut adalah simpanan lemak visceral di perut.

Lemak perut berlebih merupakan ancaman bagi kesehatan karena dapat menutupi bagian hati, perut dan usus, bahkan melebihi mereka yang berat badannya berlebih karena jarang bergerak.

Kondisi ini menyebabkan hormon tidak stabil dan meningkatkan risiko komplikasi metabolik dan kerusakan pembuluh darah jantung. Bagaimana mengatasinya?

1. Mengakali faktor biologis

Lemak tersimpan dalam tubuh karena tubuh memang terprogram untuk menyimpan lemak. Menurut teori evolusi, lemak adalah bagian dari sistem tubuh manusia untuk menimbun energi.

Namun, ketika manusia tidak perlu lagi berburu dan mengumpulkan makanan di alam, maka simpanan energi dari lemak itu jadi masalah.

Kita bisa ‘mengakali’ sistem biologis tubuh tersebut dengan memulai hari dengan sarapan tinggi lemak, seperti alpukat dan telur atau sosis.

Komposisi sarapan tersebut akan meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat tubuh membakar lebih banyak lemak di perut untuk diubah menjadi energi.

2. Menambah serat

Halaman
12
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved