Pembangunan Rampung, PD Pasar Akui Belum Bisa Kelola Pasar Kampung Lalang

Ia mengatakan, pihaknya kerap didesak oleh pedagang agar kios-kios tersebut segera bisa dipergunakan.

Pembangunan Rampung, PD Pasar Akui Belum Bisa Kelola Pasar Kampung Lalang
TRIBUN MEDAN/Liska Rahayu
Lokasi gedung baru Pasar Kampung Lalang yang sudah selesai dikerjakan, Rabu (28/11/2018). 

TRIBUN-MEDAN.Com, MEDAN - Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Medan Rusdi Sinuraya mengaku, meski telah rampung, PD Pasar belum bisa mengelola Pasar Kampung Lalang

Sampai saat ini belum ada petunjuk dari Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

"Kami menunggu perintah Pemko Medan, kalau ada perintah akan dioperasionalkan. Sejauh ini perintahnya belum ada, karena belum ada penyerahan," ujar Dirut PD Pasar Medan Rusdi Sinuraya, Selasa (5/2/2019).

Ia mengatakan, pihaknya kerap didesak oleh pedagang agar kios-kios tersebut segera bisa dipergunakan.

Namun kendalanya, bangunan tersebut belum diserahkan oleh pengembang kepada Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKP2R) Kota Medan.

Adapun kendala yang terjadi saat ini adalah, bangunan tersebut belum diserahkan oleh pengembang ke Dinas PKP2R karena proses pembayaran belum tuntas.

"Kontraktor diminta membayar denda, itu urusan dengan Dinas PKP2R. Kami tidak ikut campur di sana, kalau nantinya disuruh kelola kami siap," katanya.

Rusdi menambahkan, jika proses administrasi sudah selesai, maka Dinas PKP2R akan membuat berita acara untuk penyerahan ke aset.

"Melalui Sekda, aset menyerahkan ke PD Pasar untuk pengelolaan. Tapi sejauh ini belum ada mengenai itu, masih menunggu arahan pimpinan. Di satu sisi kasihan pedagang, belum lagi bangunan bisa rusak kalau dibiarkan terbengkalai," jelasnya.

Direktur Keuangan PD Pasar Medan, Osman Manalu mengungkapkan bangunan Pasar Kampung Lalang terdiri dari 726 kios dan stand. Seluruh kios dan pedagang di Pasar Kampung Lalang yang lama akan menempati kios-kios tersebut tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Halaman
12
Penulis: Liska Rahayu
Editor: Feriansyah Nasution
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved