KPU Kota Medan Imbau Warga Jangan Tunda Pengurusan Pindah Memilih

Perhelatan pemilu serentak yang akan digelar dua bulan lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan

KPU Kota Medan Imbau Warga Jangan Tunda Pengurusan Pindah Memilih
Kotak suara Pilkada 

TRIBUN-MEDAN.com - Perhelatan pemilu serentak yang akan digelar dua bulan lagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan melakukan pendataan warga yang pindah memilih (form A-5) dan pemilih yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) meski telah memenuhi syarat memilih.

Komisioner KPU Medan, Nana Miranti mengatakan pihaknya mencatat sebanyak 158 warga yang mengurus A-5 atau pindah memilih dan 1247 masyarakat yang belum masuk di dalam DPT.

"Angka tersebut masih kecil mengingat kemarin saat pelaksanaan pilgub jumlah pemilih A-5 berkisar kurang lebih 400 orang," ujar Nana kepada Tribun-Medan.com, Rabu (6/2/2019).

Fenomena ini, lanjut Nana bukan karena minimnya sosialisasi yang telah dilakukan oleh pihaknya, melainkan ada kecenderungan di masyarakat yang menunda-nunda mengurus persayaratan memilihnya. 

Menurutnta, KPU Medan telah melakukan sosialisasi ke simpul-simpul masyarakat seperti kawasan industri, perkantoran, universitas hingga kos-kosan.

"Banyak yang menunda, karena pengurusan A-5 terakhir yakni 30 hari sebelum pencoblosan," katanya.

Nana mengimbau masyarakat segera mengurusnya agar pendataan KPU lebih komperehensif.

"Bisa melakui Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) atau ke KPU Kabupaten dan Kota," katanya.

Ia menyebut, pemilih yang menggunakan form A-5 akan dimasukkan ke dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dengan catatan terdaftar di dalam DPT tempat asalnya.

Sedangkan sebagian masyarakat yang tidak terdaftar dalam DPT, atau baru mengurus kepindahannya dari wilayah lain dan memiliki syarat untuk memilih maka akan dimasukkan dalam Daftar Pemilih Khusus(DPK).

Halaman
12
Penulis: Fatah Baginda Gorby Siregar
Editor: Fahrizal Fahmi Daulay
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved